3.2K
Choose a job you love, and you will never have to work a day in your life. – Confucius

Setiap kali mengajukan lamaran pekerjaan, tahap yang pasti kamu lewati untuk bisa menuju langkah selanjutnya adalah tahap wawancara, dan di kesempatan ini biasanya HRD akan melemparkan beberapa pertanyaan untuk kamu jawab. Tapi tahukah RulaWoman, bahwa HRD seringkali melemparkan pertanyaan-pertanyaan jebakan. Untuk itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin agar tidak salah menjawab. Sebab ada juga orang-orang yang tidak bisa menjawab pertanyaan sulit dalam waktu singkat, karena butuh waktu untuk berpikir.

Namun jangan khawatir, RulaWoman, berikut adalah trik yang bisa kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan jebakan dari HRD!

1. Mengapa resign dari kantor lama?

HRD tentu ingin tahu apa alasanmu keluar dari kantor lama. Kadang sekadar ingin tahu, kadang juga digunakan sebagai pertimbangan, dan sekaligus menyimak apakah kamu akan membeberkan hal-hal negatif tentang kantor lamamu atau tidak. Tes semacam ini biasanya berguna untuk menguji apakah kamu bisa menjaga rahasia perusahaan atau tidak.

2. Apa yang kamu ketahui dari perusahaan ini dan mengapa ingin bekerja di sini?

Kalau poin yang ini biasanya untuk menguji seberapa jauh pengetahuanmu mengenai perusahaan tersebut. Logikanya, jika seseorang memang sangat tertarik bekerja pada suatu perusahaan, maka ia sudah mencari tahu dan membaca banyak hal mengenai perusahaan yang diincar sebelumnya. Jawablah tentang apa saja yang kamu ketahui mengenai perusahaan, tapi jangan asal jawab ya, RulaWoman. Sebabnya, terkadang lebih baik mengaku tidak tahu daripada asal jawab tapi akhirnya menjadi salah.

Gambar: www,pexels.com

3. Apa yang kamu pikirkan tentang bos lamamu?

Hati-hati juga jika HRD sudah menanyakan mengenai atasanmu yang lama. Biasanya, sifat seseorang akan terlihat lebih jelas ketika mereka sedang berbicara mengenai orang lain. Hal ini hanya untuk memastikan apakah kamu tipe orang yang menjelek-jelekkan atasan lama atau bukan. Jawablah sebijak mungkin, tidak terkesan berlebihan tapi juga tidak menjelek-jelekkan pihak yang bersangkutan.

4. Why should we hire you?

Biasanya HRD ingin mengetahui, apa saja keuntungan yang bisa didapatkan perusahaan jika merekrutmu sebagai pegawai. Pada bagian ini, kamu bisa menjabarkan apa saja prestasi dan pencapaianmu terdahulu, sehingga HRD punya gambaran dalam membuat keputusan untuk menerimamu atau tidak.

5. Jika tetap harus bekerja di hari libur atau jam-jam tertentu, bagaimana pendapatmu?

Apakah kamu bersedia untuk tetap bekerja saat jam salat Jumat?

Dari pertanyaan ini, HRD akan bisa menilai apakah kamu termasuk orang yang menomorduakan ibadah atau malah memiliki prinsip untuk terus menjalankan ibadah walau harus bertentangan dengan pekerjaan.

6. Tell us about yourself?

Ceritakan tentang dirimu dengan singkat, padat, dan jelas. Agar HRD bisa mengenalmu lebih jauh. Ceritakan juga bagaimana pengalamanmu semasa kuliah, organisasi, atau di kantor-kantor terdahulu. Jika ingin, kamu bisa juga menceritakan tentang project yang pernah kamu tangani sebelumnya. Hindari kalimat yang terkesan tinggi hati dan terlalu membanggakan diri sendiri.

7. Pengalaman lain di luar pendidikan akademis?

Dalam dunia kerja, hal yang tak kalah pentingnya dengan pengalaman akademis adalah pengalaman berorganisasi. Skill juga sama pentingnya dengan nilai-nilai yang kamu dapatkan selama di bangku kuliah, RulaWoman. Biasanya perusahaan lebih menyukai kandidat-kandidat yang sudah pernah memiliki pengalaman terjun dalam organisasi –baik di kampus maupun di luar kampus. Jadi, meski kamu seorang fresh graduate, kamu nggak buta-buta banget tentang dunia kerja dan mampu bekerja sama dengan baik di dalam sebuah tim.

Bagaimana pun, HRD pasti tetap memiliki pertanyaan-pertanyaan tak terduga setiap saat. Tapi salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah tetap tenang, RulaWoman. Jangan menjawab sebuah pertanyaan dengan tergesah-gesah, karena hal ini hanya akan membuatmu bingung sendiri. Atasi segala pertanyaan yang diajukan sesuai kapasitasmu, dan bukan tidak mungkin kamu akan sukses menuju jenjang interview selanjutnya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspada! Inilah 7 Pertanyaan Jebakan yang Biasa Ditanyakan HRD, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mput | @petronelaputri

a weird woman who love an adventure more than the flowers bouquet // sometime blogging // enjoy her random life

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar