1.5K
Kamu suka memakai sepatu boots? Well, musim hujan ini bisa jadi alasan kamu untuk memakai sepatu boots karena efek hangat dan nyaman. Eits, tapi musim hujan juga bisa jadi musuh untuk sepatu boots suede kesayanganmu lho!

Boots adalah salah satu fashion item yang mampu memberikan strong chic and stylish vibes pada penampilanmu. Nggak hanya bikin penampilan makin oke, dengan cuaca yang sering hujan dan dingin belakangan ini bikin kita merasa, this is the perfect time to wear boots! Eits, tapi memakai sepatu boots can be tricky, RulaWoman. Ada beberapa rules yang harus kamu ingat dalam memakai boots. Penasaran? Keep scrolling to make your boots looks new all the time!

Rule #1: No socks is never a good idea

Source: bacaini.com

Aturan pertama untuk memakai boots adalah, jangan pernah membiarkan keadaan di dalam sepatu bootsmu lembab. Memakai kaos kaki yang lembab atau basah (ew!) dan juga tidak memakai kaos kaki akan membuat bootsmu mengeluarkan aroma yang super tidak sedap, dan kakimu juga tidak nyaman bahkan bisa sampai lecet. Apalagi di musim hujan, kamu harus siap setidaknya kaos kaki kering di dalam tasmu, agar ketika nggak sengaja kehujanan sampai air masuk ke dalam leather bootsmu dan membasahi kaus kakimu, kamu bisa segera mengganti kaus kakimu yang basah.

Rule #2: Store them in a safe place

Berhubung jamur adalah boots' number one enemy, tempat yang lembab tentu bukan tempat yang baik untuk menyimpan sepatu boots kesayanganmu. Simpan sepatu bootsmu di tempat kering dan di dalam box sepatunya. Jika kamu ingin memakainya dalam waktu dekat dan menyimpan di kotak terasa repot untukmu, kamu bisa menyimpannya dengan menggunakan plastik berwarna bening.

Rule #3: Different material, different treatment

Leather Boots

Source: nastygal.com

Kalau rintik air hujan dan berhubung nggak ada ojek kamu terpaksa harus berbecek-becek dan membasahi your coolest leather boots in your shoerack, jangan pernah mengeringkannya di bawah sinar terik matahari. Ibarat menyiramkan bensin ke kobaran api, yang ada leather bootsmu jadi tampak belang, lusuh dan kusam. Ambil kain halus, lap bagian sepatu yang terkena kotoran hingga benar-benar bersih. Kalau nodanya nggak kunjung hilang, kamu bisa menggunakan cream pembersih khusus dan menyikatnya secara perlahan hingga nodanya hilang.

Suede Boots

Hal pertama yang harus RulaWoman perhatikan adalah sikat yang digunakan untuk membersihkan bahan suede haruslah sikat khusus. Gerakkan sikat searah dengan arah serat bahan suede, dan bukannya berlawanan arah. Hal ini akan membantu kinerja produk pembersih bahan suede. Kalau bootsmu tergores atau agak lecet, sikat bagian yang tergores dengan lembut, gerakkan sikat bolak-balik ke depan dan ke belakang. Ingat, sikat di bagian yang tergores saja ya, RulaWoman.

Source: pinterest

Terkena noda? Suede is not meant to be with any kind of water, tapi kalau sudah terlanjur kotor kamu harus membasahi seluruh bagian boots dengan mengoleskan sedikit air pada sikat khusus untuk suede. Kamu harus membasahi seluruh bagian boots suedemu karena suede akan berubah warnanya jika terkena air, sehingga agar perbedaan warna tidak terlalu terlihat, bersihkan seluruh bagian boots bahan suede, dan bukannya membersihkan bagian yang kotor saja.Gosok di bagian yang ternoda hingga nodanya hilang. Angin-anginkan hingga kering.

Velvet Boots

Got a pair of the most trending boots nowadays? Boots berbahan velvet yang sekarang lagi banyak digandrungi butuh ketelatenan untuk membersihkannya, RulaWoman. Jika velvet boots-mu terlanjur kena kotoran, seperti tanah atau lumpur dan terlanjur mengering, jangan langsung gegabah kamu bersihkan dengan air ya RulaWoman! Ambil sikat gigi bekas yang sudah tidak terpakai, sikat pelan-pelan hingga kotorannya hilang. Ulangi dengan menggunakan sikat khusus jika kotorannya memudar tapi belum hilang. Jika velvet bootsmu terkena minyak, serap dengan tissue kering. Eits, jangan dilap dengan keras ya, RulaWoman! Serap pelan-pelan, hingga noda minyak tidak bisa lagi terserap.

Source: Pinterest

Kalau nodanya masih betah “menghiasi” velvet bootsmu, sikat bagian velvet bootsmu yang terkena noda dengan menggunakan sikat yang dibasahi air sabun. Caranya, aduk sedikit sabun colek atau sabun deterjen dengan air pada tempat seukuran gayung sampai berbusa. Busa-busa yang naik ke atas itulah yang kamu ambil untuk membasahi sikat, atau lebih tepatnya melembabkan sikat yang digunakan untuk mengusap sisa-sisa kotoran di atas permukaan beludru sampai bersih. Khusus untuk noda minyak, gunakan air hangat ketika mencampur sabun. FYI, air hangat akan lebih mudah untuk menetralisir minyak.

Hiking Boots

Source: Pinterest

Kamu tipe super adventurous yang nggak takut naik gunung meski musim hujan? Meski hiking boots kamu kelihatan tough untuk menghadapi medan yang super berat, tetap perlakukan dengan lembut ya, RulaWoman. Jangan langsung menyiram air untuk membersihkan segala noda lumpur dan kerikil yang nempel di sol sepatumu. Kamu bisa menggunakan sikat untuk membersihkan bagian solnya, dan lap basah di bagian atasnya. Tapi kalau boots kamu terbuat dari karet atau plastik, kamu bisa kok menggunakan air untuk membersihkannya, namun jangan lupa di lap segera setelah menyiram bootsmu.

Rule #4: Don't use newspaper!

Kamu mungkin familiar dengan, "Masukin koran saja supaya sepatunya cepat kering!" Tahukah kamu, jika penggunaan kertas koran yang digulung sebagai sadel sepatu itu justru akan merusak sepatu, karena tintanya bisa luntur ke sepatumu. Gunakan kertas putih polos yang digulung seperti bola untuk menjaga bentuk sepatu bootsmu seperti saat kamu baru membelinya.

Rule #5: Silica Gel is Boots' Bestie

Source: amazine.com

Supaya kotak harta karun berisi sepatu boots kesayanganmu tetap kering dan bebas dari jamur, masukkan saja satu bungkus kecil silica gel ke setiap sepatu bootsmu, dengan begitu kandungan air atau kelembaban akan terserap. Jadi kondisi terlalu lembab nggak lagi mengancam, boots kesayanganmu pun jadi aman saat disimpan.

Nah itu dia 5 tips penting untuk menyelamatkan boots kamu dari kerusakan, RulaWoman. Now you can step on your boots without worries in pouring rain!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Waspada Musim Hujan! Selamatkan Boots Keren Kesayanganmu Dengan Melakukan 5 Trik Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar