6.4K
Memilih celana jeans sesuai bentuk tubuh? Check! Memilih foundation sesuai warna kulit? Check! Memilih gaya eyeliner sesuai bentuk mata? Hmm... Yakin kamu sudah tepat memilih gaya eyeliner yang tepat untuk matamu?

Meski nyaris nggak ada gaya eyeliner yang bakal membuat matamu tampak jelek, tapi masing-masing bentuk mata mempunyai trik gaya eyeliner-nya sendiri yang akan membuat matamu tampak lebih indah, dan pastinya more flattering to be stare at. Dari bentuk mata cute monolids ala artis Korea hingga pretty big round eyes ala Mila Kunis, kamu harus tahu persis bentuk matamu dan meriasnya dengan gaya eyeliner yang sesuai.

Keep scrolling to make your boyfie can’t take his eyes off of you, RulaWoman!

A. Almond Eyes

Source: taaz.com

Bagaimana caranya kamu tahu kalau kamu punya mata berbentuk almond? Well, your eyes are literally look like almond nuts –Ketika kamu menatap lurus, bagian atas dan bawah iris mata kamu tertutup oleh bagian kelopak matamu. To complement your beautiful eye curves, kamu wajib menggambar winged eyeliner di outer corner matamu supaya matamu terlihat lurus seimbang. Tapi, perhatikan ukuran matamu ya, RulaWoman. Tarik garis tipis sepanjang lash line kamu untuk kamu yang ukuran matanya kecil, dan lukiskan garis eyeliner yang lebih tebal untuk kamu yang bermata besar.

Muse: Cara Delevingne

B. Round Eyes

Kalau kamu bisa melihat bagian putih kornea mata di bagian atas atau bawah iris matamu, kemungkinan besar kamu memiliki tipe mata bulat (round eyes). Tapi supaya memberi kesan mata agak lebih panjang, kamu lebih baik mengaplikasikan liquid eyeliner di area lash line, dari ujung inner corner hingga sedikit melebihi outer corner. Wing it supaya mata kamu terlihat lebih tajam dan mempesona, don’t be afraid to go bold!

Untuk cara yang lebih mudah, kamu bisa memakai black liner pencil (eits, jangan lupa pilih yang waterproof ya RulaWoman!), kamu bisa melukis “V” kecil di bagian inner corner kamu dengan menggunakan eyeliner pencil, lalu meneruskan garis di sepanjang lash line kamu dengan menggunakan liquid eyeliner dan melukis wing di bagian outer corner mata kamu.

Lagi nggak mood pake winged eyeliner? Contoh riasan mata Twiggy yang timelessly sensational dengan menggaris black eyeliner di sepanjang upper lash line dan eyeliner putih di lower lash line.

Source: Pinterest

Muses: Olivia Palermo, Zooey Deschanel

C. Wide Eyes

Source: Pinterest

Kamu punya tipe mata seperti ini kalau mata kamu terlihat seperti lebih besar dan mendominasi wajahmu daripada fitur wajah kamu yang lain. Umumnya, tipe bentuk mata seperti ini can pull every eyeliner look, RulaWoman! Dari simple look dengan mengaplikasikan eyeliner di bottom lash line hingga bereksperimen dengan winged liner atau cat eyes, your eyes are the life of the party, RulaWoman!

Muse: Mila Kunis

D. Deep Set Eyes

Source: Glamour

Kalau brow bone kamu terlihat strong dan membuat mata kamu seperti "tenggelam", maka kamu punya deep set eyes seperti model cantik asal Australia, Miranda Kerr. Hindari menghias matamu dengan garis eyeliner tebal di area top lash line mu karena akan membuat matamu tampak lebih "tenggelam", cukup garis tipis, and you are ready to go!

Muse: Miranda Kerr

E. Wide Set Eyes

Kalau gap di antara mata kamu terlihat muat untuk lebih dari satu buah mata kamu, kamu sebaiknya merias bagian inner corner mata kamu dengan lebih playful sehingga jarak antar mata indahmu tidak terlihat jauh. Mulai aplikasikan eyeliner dari bagian tear duct atau kelenjar air mata, dan hindari memanjangkan eyeliner melewati outer corner matamu. Kalau kamu punya mata berukuran kecil, kamu juga dapat mengulas eyeliner di bagian inner corner of your bottom lash line. Di bagian innernya saja ya RulaWoman, karena dengan mengulas sepanjang bottom lash line kamu akan membuat mata kamu terlihat kurang proporsional.

Muse: Amanda Seyfried

F. Close Set Eyes

Kebalikannya dengan Wide Set Eyes, bentuk mata ini mempunyai gap yang sempit. Kalau wide set fokus ke inner corner, kamu yang punya close set eyes harus berfokus pada bagian outer corner matamu, RulaWoman. Hal penting dalam merias close set eyes adalah membuat ilusi gap matamu tampak lebih jauh dari yang sebenarnya. Untuk langkah pertama, gunakan concealer pada bagian inner corner untuk mencerahkan dan membuka area mata. Lalu, di 1/3 bagian luar matamu, lukiskan “V” dengan black liner untuk membentuk bold wing, lalu isi bagian “V” itu dengan jumbo black liner.

Muses: Kim Kardashian, Miley Cyrus, Rachel Bilson, Sarah Jessica Parker

G. Monolids

Source: instagram

Nggak perlu sedih kalau kamu punya mata no visible crease a.k.a monolids, RulaWoman! Kamu hanya perlu meneruskan ulasan eyeliner kamu ke bagian atas mata agar lipatan matamu nggak “ngumpetin” eyelinernya. Aplikasikan eyeliner dari inner hingga outer conner dan berhenti tepat di ujung mata. Smudge it out the corners dengan menggunakan smudger brush. Dengan monolids, kamu bebas bereksperimen dengan winged liner yang dramatis atau segala macam tampilan cat eye tanpa terlihat too much.

Muses: Ming Xi, Lucy Liu, and almost all Korean celebrities

H. Assymetrical Eyes

Kalau salah satu matamu terlihat lebih besar dari mata yang lain, kamu akan membutuhkan teknik mengulas eyeliner yang bisa membantu kamu mengoreksi dan membuat matamu terlihat simetris. Gunakan black kohl liner sepanjang lash line, dari inner corner sampai outer corner. Tambahkan ketebalan eyeliner di salah satu mata yang ukurannya lebih kecil dari yang lain untuk membuat mata terlihat cantik simetris.

Muse: Jennifer Lawrence

Nah, itu dia trik mempercantik matamu dengan eyeliner, RulaWoman. Sekarang kamu bisa bebas bereksperimen dengan koleksi waterproof eyeliner favoritmu!

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yakin Sudah Memakai Eyeliner Sesuai Bentuk Matamu? Inilah 8 Tips Cantik Untuk Mengulas Eyeliner Sesuai Bentuk Mata". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ina Massijaya | @inamassijaya

Currently pursuing a master degree in Economics and a career as a writer in any time soon.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar