459
Nothing worth having comes easy

Bagaimana perasaanmu saat menerima telepon dari HRD bahwa kamu diundang untuk mengikuti wawancara di perusahaan impian? Senang, pastinya. Deg-degan, tentu saja. Berkeringat dingin dan grogi? Jangan sampai hal itu terjadi pada RulaWoman.

Wawancara kerja memang bisa menjadi pengalaman menegangkan bagi pelamar kerja, apalagi untuk yang pertama kali mengalaminya. Supaya kamu sukses menghadapi wawancara kerja yang sudah kamu nanti-nantikan, yuk, simak 7 langkah sukses job interview yang bisa RulaWoman terapkan:

1. Bersikap positif dengan menempatkan doa di awal usahamu

Selain menumbuhkan keimanan di dalam diri, berdoa adalah salah satu cara untuk mensinkronkan hati dengan pemikiran. Disadari atau tidak, pemikiran awal yang positif akan menumbuhkan sikap yang membuat kamu tergerak untuk memperoleh keinginan tersebut.

2. Browsing untuk tahu mengenai info perusahaan yang akan kamu lamar

Kamu bisa mengetahui info perusahaan yang kamu lamar dari website resmi perusahaan maupun akun resmi perusahaan di media sosial. Tidak salah untuk tahu tentang visi dan misi perusahaan supaya kamu punya pandangan tentang tujuan jangka panjang perusahaan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui seperti apa kontribusimu nantinya di perusahaan tersebut, RulaWoman.

3. Kenali posisi yang ingin kamu tempati nantinya dengan mengintip profil Linkedinnya

Posisi apa yang kamu lamar di perusahaan tersebut? Terkadang satu posisi memiliki jobdesk yang berbeda di lain tempat. Misalnya legal officer di perusahaan A berbeda jobdesknya dengan legal officer di perusahaan B. Kamu bisa membandingkan jobdesk legal officer di kedua perusahaan dengan mengintip profil Linkedin beberapa legal officer di berbagai perusahaan yang berbeda.

4. People judge a books by its cover, perbaiki penampilanmu ladies!

Penampilan memang bukan segalanya, tetapi penampilan adalah yang pertama. Orang yang belum mengenalmu, misalnya pewawancara, akan cenderung menilaimu dari penampilan awal. Gunakan pakaian yang member kesan professional, misalnya mengenakan blazer. Berikan sentuhan make up supaya wajahmu terlihat segar. Jangan lupa menyemprotkan sedikit parfum, tapi ingat jangan terlalu berlebihan hingga membuat pusing.

5. Siapkan ceklist barang-barang yang harus dibawa saat wawancara kerja

sumber: www.pexel.com

Barang-barang penting yang harus berada di dalam tasmu saat akan wawancara kerja adalah: pas foto, siapkan dalam beberapa ukuran. CV, paling tidak kamu membawa dua salinan CV untuk berjaga-jaga. Alat tulis, untuk mencatat hal-hal penting. Persiapkan barang-barang tersebut malam harinya supaya RulaWoman tidak terburu-buru esoknya.

6. Percaya diri dan jadilah orisinal

Kamu bisa melakukan latihan di depan cermin atau dengan temanmu sebelumnya, RulaWoman. Hal ini berguna untuk mengatasi kegugupan mengucapkan kalimat pertama di awal wawancara. Berbicaralah dengan suara yang jelas dan jangan terlalu cepat. Ceritakan dirimu sesuai dengan apa yang kamu tuliskan di CV, tidak perlu melebih-lebihkan supaya terlihat hebat karena hal ini akan membawa kesulitan padamu nantinya. Juga jangan merasa rendah diri dengan pencapaianmu sekarang, percayalah semua orang di posisimu saat ini sedang berproses menjadi lebih baik. Dan jangan lupa tersenyum, RulaWoman!

7. Lupakan wawancara yang telah berlalu dan ikhlaskanlah hatimu untuk menerima hasilnya

Akhirnya, sesi wawancaramu telah berakhir dan kamu baru ingat ada beberapa hal yang lupa kamu jelaskan tadi. Menyesal saat ini tidak ada gunanya karena sesi wawancaramu baru saja berakhir. Catat kealpaanmu tersebut di memo dan pelajari supaya hal itu tidak terulang kembali di wawancara berikutnya. Lupakan penyesalanmu dan terimalah hasil wawancara dengan lapang dada. Yakinlah bahwa hasil tidak akan mengkhianati usaha!

Nah, sudah yakin dengan persiapan wawancara kerjamu, RulaWoman? Jangan lupa bagikan artikel ini di media sosialmu supaya kamu bisa berbagi kesuksesanmu ke banyak orang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Yes! Akhirnya Dapat Panggilan Wawancara Kerja! Berikut 7 Langkah Sukses Untuk RulaWoman Saat Menghadapi Job Interview". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rosemerry F | @merryfatma

dreamcatcher, booklover, selotraveler, author of #DearSister novel

Bagaimana menurutmu?