1.5K
Your eye makeup says so much about you and your style – Laura Mercier

Siapa yang mau punya riasan mata menawan dan bisa membuat tampilan menjadi lebih menarik? I’m sure everybody wants it. But, honestly, an eye makeup is a little bit tricky. Kalau kamu salah mengaplikasikannya atau salah memilih dan memadupadankan warna, riasan mata bisa membuat mata kamu terlihat semakin kecil or even make you look like someone who has been punched! Maka dari itu, banyak pemula yang malas melakukan full eye makeup karena dianggap sulit dan belum tentu memberikan hasil yang sesuai ekspektasi. Namun, RulaWoman gak perlu khawatir, karena kita akan belajar bersama-sama mengenai 5 langkah mudah mengaplikasikan riasan mata. Let’s check this out!


1. Prime your eyelid

Langkah pertama yang harus RulaWoman lakukan ialah mengulaskan eye primer ke seluruh kelopak mata. Eye primer akan membuat riasan mata kamu lebih tahan lama, mencegahnya dari creasing, mengurangi kandungan minyak di kelopak mata, serta membuat warna eye shadow menjadi lebih nyata. Jika tidak mempunyai eye-primer, kamu bisa mengulaskan foundation atau concealer ke kelopak mata kamu dan menge-set nya dengan bedak tabur.

Perbedaan pigmentasi eyedhadow tanpa dan dengan menggunakan eye primer

image source: http://beautychallenged.blogspot.co.id/2013/12/innisfree-eye-primer-review.html

2. Put on some eyeshadows

Langkah selanjutnya ialah menggunakan 2 warna eyeshadow , yang lebih light dan lebih dark, untuk lid (kelopak mata) dan crease (lipatan mata). Pertama, ulaskan light color eyeshadow, seperti warna beige, white, cream, vanilla, atau champagne, baik yang berjenis shimmer (berkilap) ataupun matte, pada bagian kelopak matamu. Selanjutnya ulaskan warna matte brown ke bagian lipatan mata dan baur hingga merata. Warna matte brown ini akan berfungsi sebagai contouring untuk mata kamu, sehingga memperjelas lipatan matamu.

Perpaduan warna yang kontras antara mate brown dan light color will make your eye looks more depth! Jangan lupa aplikasikan light color yang berfungsi sebagai highlight ke bagian iner corner (tear duct), it will help to open up your eyes and make them pop!

Putting light eyeshadow (shimmer white color) on the lid and the tearduck

imge source : http://themakeupculture.com/blog/2013/12/20/beauty-basics-smokey-eyes-in-5-simple-steps

Putting matte brown eyeshadow on the crease area and how it looks on eye

image source : http://www.divinecaroline.com/beauty/makeup/fall-makeup-trend-navy-smokey-eye

3. Use your favorite eyeliner

Langkah selanjutnya ialah mengaplikasikan eyeliner yang akan membuat mata kamu terlihat lebih besar. Jika ingin hasil yang natural kamu bisa menggunakan pencil eyeliner, tetapi jika ingin hasil yang tegas, coba gunakan liquid eyeliner (disarankan menggunakan model spidol atau felt tip karena lebih mudah dikontrol) atau gel eyeliner karena pigmentasinya lebih pekat dibanding pencil eyeliner.

Mulai dengan membuat titik di sepanjang garis mata, dari ujung mata bagian dalam hingga ujung mata bagian luar, kemudian sambungkan titik-titik tersebut menjadi sebuah garis lurus. Jika RulaWoman ingin hasil yang natural, buat garis tipis dan usahakan sedekat mungkin dengan garis mata.

RulaWoman juga bisa menggunakan teknik tightlining yaitu dengan mengulaskan eyeliner ke bagian dalam garis bulu mata bagian atas (upper lash line) atau ke sepanjang garis akar bulu mata. Mulai dengan menarik pelan bagian kelopak mata kamu ke atas, sehingga Rula Woman bisa melihat garis bulu mata, dimana terdapat sela-sela yang diantara bulu mata. Kemudian, ulaskan eyeliner secara pelan pelan ke garis itu, diantara bulu mata RulaWoman, sedekat mungkin ke bagian akarnya. Then you have it! A fuller and thicker looking lash line which will make your eyes look bigger but still look so natural that people couldn’t tell if you wear an eyeliner! Simple technique, lots of compliment!

How to tightline eyes

images source : http://www.beautylish.com/a/vmqmg/how-to-tightline-eyes

Before (top) and after (bottom) tightlining comparison

image source : http://hantasticbeauty.blogspot.co.id/2013/08/tutorial-how-to-tightline-your-eyes.html

4. Apply your mascara (and if you need it apply a eyelash curler first)

Mascara akan membuat bulu mata menjadi lebih tebal, panjang, dan lentik sehingga semakin menegaskan riasan matamu and of course, open up your eyes! Buat RulaWoman yang memiliki bulu mata lentik dan panjang - Thank God you’re blessed!- kamu bisa langsung mengaplikasikan mascara. Namun, buat yang tidak, jangan khawatir, because William McDonell invented this women’s life-safer tool, an eyelash curler! Jepit bulumatamu hingga lentik kemudian aplikasikan one coat mascara ke bulu mata atasmu dengan menggunakan zig-zag motion to prevent clumping. And voila you’ll get an open-up eyelashes!

Oh iya, tips for RulaWoman who have straight and short lashes, coba pakai mascara yang waterproof karena mascara jenis ini biasanya mengandung wax yang lebih banyak, sehingga mascara ini akan menahan lebih lama bentuk bulu matamu yang sudah lentik, dibandingkan regular mascara.

How the combination of eyelash curler and mascara can change your eye look

image source : http://makeuptips-blog.com/post/67311345601/how-to-curl-your-eye-lashes

5. Put a nude or white pencil liner on waterline

Last but not the least, aplikasikan eyepencil warna nude atau white ke bagian waterline atau garis bawah mata. Aplikasikan mulai dari ujung bagian luar mata ke bagian dalam mata, hingga ¾ bagian garis mata bawah. It will brighten up your eyes, make them look more bigger, and make you look like you’ve had a good nights sleep!

Before and after putting white/nude eyeliner on waterline

image source : http://www.marieclaire.com/beauty/news/a14265/beauty-tricks-worth-the-time/

Itulah 5 cara mudah yang bisa Rulawoman terapkan untuk mendapatkan makeup mata yang menawan! Selamat mencoba RulaWoman, Goodluck!!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Rahasia Mudah dan Sederhana Mendapatkan Make-up Mata yang Menawan. Kamu Harus Tahu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Serlina | @Serlina

A makeup lover who love being an adviser for others

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar