5 Cara Memperbaiki Headset Rusak dan Jenis Kerusakannya

5 Cara Memperbaiki Headset Rusak dan Jenis Kerusakannya

Mendengarkan musik merupakan sebuah kegemaran dan kenikmatan tersendiri bagi seseorang. Namun ketika sedang menikmati lagu, dan headset yang digunakan tiba – tiba mati atau rusak, itu pasti akan menyebalkan. Tidak perlu bingung untuk mengganti yang baru, ada Cara memperbaiki headset rusak dengan mudah.

Sayangnya, tidak banyak orang yang paham cara memperbaiki sebuah headset rusak, sehingga pada akhirnya lebih memilih membeli yang baru. Lantas, apakah ada cara untuk memperbaikinya? Tentu saja! Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan di bawah ini:

1. Tekan Bagian Colokan Headset

Cara memperbaiki sebuah headset yang rusak sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi jika kerusakannya masih tidak terlalu parah, seperti suara yang dihasilkan patah-patah. Maka cara yang bisa dilakukan pertama kali adalah dengan menekan bagian colokan headset saat sudah masuk ke lubang earphone. Tekan dengan perlahan dan sedikit putar-putarkan.

Namun, agar cara ini bisa berfungsi maksimal maka sebaiknya tekan colokan headset sambil pasang earphone nya ke telinga. Putar sebuah lagu untuk menentukan dan memastikan suara yang dihasilkan kembali normal dan tidak ada noise alias suara yang mengganggu. Apabila sudah sempurna, maka gunakan headset seperti sedia kala.

2. Atur Multimeter

Cara berikutnya untuk memperbaiki headset yang rusak adalah dengan mencoba mengatur multimeternya lebih dahulu. Untuk apa hal ini dilakukan? Tidak lain adalah untuk melakukan pengujian terhadap kontinuitas aliran listrik yang nantinya akan ditandai dengan sebuah simbol khusus. Hanya saja, untuk memperbaiki dengan cara ini, pengguna headset harus memiliki alatnya lebih dahulu.

Untuk mendapatkan alat bernama multimeter ini bisa langsung menuju toko elektronik terdekat dengan tempat tinggal. Tidak hanya itu, bisa juga melalui marketplace terpercaya yang kini sudah banyak ditemukan dan digunakan. Namun, ingat! Jangan lupa meminta garansi kepada toko bilamana multimeter yang dibeli mengalami kerusakan karena nantinya akan berpengaruh terhadap headset yang hendak diperbaiki.

3. Tekuk Setiap Letak Kabel dan Tahan dengan Balutan Selotip

Suara pelan yang terjadi biasanya memiliki dua sebab, yang pertama pada lagu yang diputar dan yang kedua ada masalah pada headphone. Terkadang memang ada beberapa lagu yang memiliki volume yang tidak kuat atau suara yang diberikan lembut. Ketika ini muncul karena pada headset biasanya terjadi karena pada kabel.

Cara Memperbaiki Headset Rusak yang menimbulkan suara pelan ini cukup mudah. Adapun yang pertama bisa mencoba untuk menekuk setiap letak kabel sampai akhirnya suara yang keluar keras. Terakhir bisa juga memberikan sebuah selotip yang berwarna hitam pada posisi tersebut agar tidak mudah berubah atau gerak.

4. Ambil Kotoran yang Ada Pada Lubang Headset dengan Pinset

Ada sebuah kejadian pada saat mendengarkan lagu adalah kabel terputus di antara headset dan kabel utama. Sama halnya dengan putus ini disebabkan oleh tertarik secara tidak sengaja dan terlalu kuat. Ini menjadi sebuah hal yang sangat merepotkan dan susah untuk mengambil potongan pada area lubang.

Untuk mengatasi kejadian seperti ini yang pertama adalah mengambil yang ada pada lubang HP menggunakan alat seperti pinset. Tarik secara pelan sampai dengan ujung earphone tersebut keluar dari HP. Kemudian untuk selanjutnya lebih berhati hati pada saat menikmati sebuah lagu dan lihat dimana posisi smartphone.

5. Tiup Lubang Headset

Cara memperbaiki headset rusak yang terakhir adalah dengan meniup kedua lubang headset yang dipasang di telinga secara bergantian. Cara ini hanya bisa dilakukan ketika headset yang dimiliki kemasukan air, baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Perlu diperhatikan, pada saat meniupnya, usahakan jangan terlalu keras demi menghindari air semakin masuk ke dalam.

Itulah lima Cara memperbaiki headset rusak dan jenis kerusakan yang terjadi. Solusi di atas bisa dicoba sendiri dengan mudah dan simple. Serta, perlu diingat untuk selalu meletakkan di tempat yang aman. Nah, untuk lebih jelasnya silakan saja langsung kunjungi situs avandaalvin.com agar mendapatkan infromasi lebih lengkap.