Alasan Pentingnya Vaksin untuk Orang Dewasa dan Anak

Alasan Pentingnya Vaksin untuk Orang Dewasa dan Anak

Perubahan iklim yang saat ini sedang terjadi membuat sebagian masyarakat tanah air menyebabkan beberapa munculnya penyakit antara lain kekebalan tubuh yang berkurang sehingga menyebabkan tubuh kita rentan penyakit. Oleh karena itu, banyak sekali tindakan yang perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya munculnya berbagai penyakit tersebut.

Salah satu hal baik yang harus dilakukan adalah melakukan vaksinasi yang mana manfaat utama adalah sebagai tindakan pencegahan penyakit menular. Tak hanya itu, manfaat vaksin juga sebagai tindakan pertahanan dan perlindungan terbaik terhadap infeksi dan berbagai penyakit serius.

Banyak orang salah mengartikan bahwa vaksinasi hanya perlu dilakukan untuk balita saja. Orang dewasa juga perlu untuk melakukan vaksinasi agar dapat mencegah beberapa penyakit infeksi dan terdapat beberapa vaksin baru yang memiliki potensi untuk melindungi dari lebih banyak penyakit.

Manfaat Vaksin

Seperti yang sudah banyak dibahas diberbagai media online, banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktifitas tersebut antara lain mencegah penyebaran penyakit, melindungi dari resiko kematian dan cacat sehingga perlu untuk dilakukan sejak dini.

Ada beberapa vaksinasi yang wajib diberikan kepada manusia, yaitu hepatitis B, polio, BCG, DTP, dan campak. Pemberian vaksinasi berbeda-beda, ada yang cukup satu kali, ada yang harus beberapa kali untuk membentuk kekebalan tubuh yang sempurna.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukan konsultasi kepada dokter ahlinya dan sekarang anda tidak perlu keluar rumah karena sudah tersedia aplikasi Halodoc yang akan membantu anda untuk mendapatkan semua informasi yang anda perlukan perihal informasi kesehatan langsung dari smartphone anda.

Cara Kerja Vaksinasi

Lantas bagaimana cara kerja vaksinasi tersebut? Kami akan mencoba menguraikan informasi sederhana perihal proses kerja dari vaksinasi tersebut. Pertama, dengan memasukkan bakteri dan virus tertentu ke dalam tubuh. Bagi tubuh, setiap benda asing yang masuk kedalam tubuh dianggap sebagai benda asing yang harus dilawan.

Untuk melawan benda asing tersebut, tubuh secara cepat akan membentuk zat kekebalan tubuh. Benda asing tersebut akan di ingat, sehingga bila suatu saat tubuh terserang penyakit yang sama seperti sebelumnya karena sudah diketahui oleh tubuh, maka zat antibodi sudah mengenalnya dan langsung melawannya.

Vaksinasi dapat diberikan dalam bentuk suntikan, oral, atau aerosol (zat yang dihirup). Meski begitu, tidak ada perbedaan cara kerja dari vaksinasi tersebut hanya saja berbeda bentuk dan ukuran. Karena banyaknya manfaat yang bisa anda dapatkan dari vaksinasi tersebut, maka tidak ada yang perlu diragukan lagi untuk melakukan vaksinasi.

Oh iya, sebelum memberikan vaksin apa pun bagi anak atau orang dewasa, Alangkah baiknya anda diwajibkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dulu. Bila Anda mengalami efek samping vaksin yang parah, segera cari bantuan medis. Maka dari itu, pentingnya konsultasi kepada ahlinya agar kita tahu dan paham betul mengenai manfaat, efek dan juga bagaimana vaksin tersebut bekerja untuk tubuh kita.

Rekomendasi Tempat Vaksin Terbaik

Buat anda yang ingin melakukan vaksinasi, anda tidak perlu khawatir karena saat ini banyak sekali tempat atau klinik yang menyediakan vaksinasi yang rekomended. Anda bisa membuka aplikasi Halodoc untuk menentukan lokasi vaksinasi terdekat di kota anda. Misalnya, lokasi anda di kota Yogyakarta, maka anda bisa membuka Vaksin Yogyakarta yang banyak tersebar di wilayah tersebut. Semoga ulasan tersebut bermanfaat untuk anda.