Beberapa Hal Mengenai Kuliah Jurusan Sastra

Beberapa Hal Mengenai Kuliah Jurusan Sastra

Dewasa ini, semakin banyak kampus yang membuka berbagai macam jurusan sastra, apalagi semakin luasnya peluang sebagai jasa penerjemah. Hal ini tentu menarik banyak calon mahasiswa yang ingin kuliah di jurusan tersebut dan ingin bergabung di lembaga penerjemah seperti salah satunya Times Penerjemah. Akan tetapi, sebelum memilih untuk berkuliah di jurusan sastra, akan lebih baik bagi calon mahasiswa untuk mengetahui beberapa hal tentang kuliah jurusan sastra. Sehingga, mereka akan lebih siap saat berkuliah dan mampu memilih sastra apa yang akan diambil.

Salah satu hal yang perlu diketahui tentang kuliah di jurusan sastra adalah macam – macam jurusan sastra. Hal ini dikarenakan ada banyak jurusan sastra dari berbagai macam bahasa yang bisa dipelajari. Beberapa macam jurusan sastra adalah Sastra Indonesia, Sastra Inggris, Sastra Arab, Sastra Jepang, Sastra Jerman, Sastra Belanda, Sastra Mandarin, Sastra Perancis, Sastra Daerah, dan Sastra Rusia. Hal lain yang perlu dipahami adalah beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa yang kuliah di jurusan sastra. Mereka harus memiliki kemampuan dalam memahami bacaan, berpikir analisis, komunikasi dalam bentuk tulisan maupun lisan, berpikir kritis dan rasional, serta memiliki keterampilan interpersonal. Hal ini dilakukan karena kuliah di jurusan sastra akan sering menemukan berbagai macam bacaan dan harus mengkomunikasikannya dengan orang lain maupun khalayak umum.

Hal lain yang perlu diketahui adalah kurikulum yang digunakan pada jurusan tersebut. Umumnya, setiap perguruan tinggi yang menyediakan jurusan sastra tentu akan memiliki kurikulum dan mata kuliah yang sedikit berbeda. Oleh karena itu, sangat penting bagi mahasiswa untuk melakukan survei terhadap kurikulum yang digunakan pada jurusan sastra tersebut. Lantas, bagaimana dengan prospek kerja seorang lulusan sastra? Setiap lulusan jurusan sastra memiliki berbagai macam peluang kerja. Salah satunya adalah bekerja sebagai industri media dan industri kreatif. Selain itu, mereka juga memiliki peluang untuk bekerja sebagai editor bahasa. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya kemudahan bagi orang – orang untuk menerbitkan hasil karya mereka. Sehingga, posisi editor bahasa menjadi salah satu hal yang menjanjikan. Mereka juga bisa bekerja sebagai seorang copy writer maupun translator. Hal ini tentu menjadi sebuah peluang bagi lulusan sastra.