Begini Cara Membuat Desain Slip Gaji Karyawan

Cara Membuat Desain Slip Gaji Karyawan

Slip gaji menjadi hal yang penting dalam proses pembayaran gaji untuk karyawan. Jika Anda baru menjalankan suatu perusahaan atau bisnis tertentu dan ingin membuat slip gaji, Anda bisa membuatnya sendiri dengan format yang tepat. Begini cara membuat desain slip gaji karyawan yang mudah dan cepat, tidak rumit dan menggunakan platform yang sesuai.

Format slip gaji yang dimiliki perusahaan tentu berbeda-beda, Anda bisa membuat format sendiri tetapi dengan ketentuan yang sama. Desainnya bisa disesuaikan dengan citra perusahaan atau dengan selera Anda sebagai pemilik perusahaan. Namun pada dasarnya, ada beberapa poin penting yang harus dicantumkan di dalam slip gaji seperti nama dan identitas lengkap, hingga rincian gajinya secara detail.

Begini Cara Membuat Desain Slip Gaji Karyawan yang Baik dan Benar

Komponen penting yang harus tercantum di dalam slip gaji karyawan adalah logo perusahaan, nama perusahaan, dan alamat perusahaan. Identitas tersebut menegaskan bahwa Anda memang karyawan dari perusahaan tersebut. Berikut ini beberapa cara mudah dalam membuat desain slip gaji karyawan :

Berikut ini cara membuat desain untuk slip gaji karyawan beserta komponen penting di dalamnya :

1. Identitas Karyawan

Setelah mencantumkan identitas perusahaan dengan jelas dan rinci, kini saatnya Anda membuat identitas karyawan yang terdiri dari nama lengkap, jabatan, nomor pokok pegawai, dan nomor NPWP.

Jika karyawan Anda memerlukan slip gaji untuk persyaratan tertentu, maka slip gaji ini bisa digunakan karena isinya juga lengkap. Slip gaji karyawan tidak akan tidak akan berfungsi dengan baik, jika isinya tidak jelas atau tidak lengkap.

2. Periode Pemberian Gaji

Seperti dilansir dari website BukuWarung.com, Anda juga harus mencantumkan periode pemberian gaji yang berupa tanggal periode pembayaran gaji karyawan tersebut. Cantumkan tanggal, bulan dan tahun dengan lengkap. Anda juga bisa mencantumkan tanggal penyerahan gaji di dalam slip gaji tersebut. Hal itu dapat melindungi pihak pemberi dan penerima gaji di kemudian hari, jika terjadi hal yang tak diinginkan.

3. Rincian Detail Pembayaran

Poin yang paling penting dan harus ada di dalam slip gaji adalah rincian detail pembayaran, yang meliputi :

  • Gaji pokok
  • Tunjangan
  • Potongan
  • Uang lembur
  • Bonus

4. Nomor Rekening Karyawan

Cantumkan juga nomor rekening karyawan tersebut, dan hal itu bisa memudahkan Anda dalam mengirim pembayaran gaji ke rekening yang bersangkutan. Nomor rekening memang bukan merupakan aturan baku di dalam slip gaji, tetapi proses tranfer akan lebih mudah jika nomor rekeningnya telah tercantum di sana.

5. Tanggal serta Tanda Tangan Persetujuan Gaji

Komponen lainnya yang juga penting dalam slip gaji adalah tanggal persetujuan telah diterimanya gaji yang disertai dengan tanda tangan, baik dari pihak pemberi maupun penerima. Pihak yang memberikan persetujuan gaji biasanya adalah SDM, HRD dan departemen lainnya yang serupa.

Jika Anda membuat slip gaji melalui microsoft excel, maka cara membuatnya juga sangat mudah. Gunakan laptop/komputer untuk membuat rekapan gaji karyawan tersebut dengan cara berikut ini :

  1. Buka program excel terlebih dahulu dan buat tabel.
  2. Mengisi rincian pada tabel tersebut.
  3. Membuat halaman atau sheet yang baru.
  4. Memasukkan rumus dalam pembuatan slip gaji secara nominal.
  5. Memasukkan rumuh ppH.

Cara membuat slip gaji ini ternyata mudah dan tidak pakai lama. Pastikan Anda sudah memasukkan seluruh komponen penting di dalam slip gaji tersebut. Begini cara membuat desain slip gaji karyawan, sesuai dengan uraian dan langkah di atas.

Gunakan aplikasi BukuWarung untuk membuat laporan catatan keuangan harian, dalam bisnis dan keuangan usaha yang sedang Anda jalankan saat ini.