Cara Cepat Belajar Rumus Vlookup Melalui Empat Fungsi Argumen

Cara Cepat Belajar Rumus Vlookup Melalui Empat Fungsi Argumen (medium.com)

Cara cepat belajar rumus Vlookup mengajak anda untuk mengerti dengan baik bagaimana fungsi Vlookup di Excel. Dengan demikian, belajar tentang rumus ini menjadi sangat penting bagi anda dan pastinya akan sangat anda perlukan.

Fungsi Vlookup menjadi salah satu fungsi atau rumus Excel paling dasar yang masuk ke dalam kategori lookup and reference. Kemudian akan memiliki fungsi dalam mengambil nilai dari tabel lain menurut kata kunci tertentu.

Cara Cepat Belajar Rumus Vlookup

Sebelum mengetahui bagaimana cara memakai Vlookup Excel, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu fungsi dari Vlookup yang ada pada Ms Excel.

Rumus Excel Vlookup merupakan salah satu dari fungsi Microsoft Excel yang dipakai dalam mencari data di kolom pertama pada sebuah tabel data. Lalu, mengambil nilai di sel manapun yang ada di baris sama pada tabel tersebut.

Dengan menggunakan rumus ini pada Ms Excel, anda bisa mengisi tabel berdasarkan data tabel referensi yang lain dengan memakai sebuah kunci yang spesifik.

Cara Memakai Fungsi Vlookup Excel

Fungsi rumus ini tersedia dalam semua versi Microsoft Excel, mulai dari Excel 2000 hingga Excel 2016. Lantas, bagaimana cara cepat belajar rumus Vlookup Excel ini? Fungsi Vlookup pada Excel mempunyai empat argumen, yaitu:

Nilai yang Dicari

Nilai yang akan anda cari di kolom pertama pada sebuah tabel ataupun kolom pada bagian paling kanan dari tabel referensi. Jenis argumen ini bisa berupa angka, tanggal, teks, atau nilai yang tertentu, baik sebuah referensi sel maupun ditulis secara langsung. Kemudian, dapat juga merupakan nilai yang berasal dari rumus Excel yang lain.

Tabel Referensi

Tabel referensi data memiliki 2 kolom atau bahkan lebih. Yang mana nilai yang dicari ada pada kolom paling pertama dari tabel data tersebut.

Nomor Kolom

Nomor kolom adalah nomor kolom argumen dari tabel referensi. Kemudian berisi nilai data serta akan anda ambil nilai sebaris dengan letak nilai yang dicari di kolom pertama.

Range Lookup

Range lookup sebagai cara cepat belajar rumus Vlookup. Ini berisi nilai Boolean False atau True. Lalu, nilai true atau false tersebut akan menunjukkan dari tipe pencarian. Selanjutnya, nilai logika rumus Vlookup dipakai untuk acuan dalam menetapkan apakah kita mau Vlookup menemukan hasil sama persis atau hanya cukup menemukan yang mendekati saja.

Sementara itu, True berarti Vlookup menemukan nilai yang dicari dalam tabel referensi pencarian sama persis atau hampir mendekati. Apabila nilai yang persis tersebut tidak dijumpai, maka nilai yang paling besar selanjutnya kurang daripada nilai dicari yang merupakan hasilnya.

Untuk False, Vlookup nantinya akan menemukan nilai yang dicari dalam tabel referensi dalam pencarian sama persis saja. Kemudian, cara cepat belajar rumus Vlookup yang apabila jika tidak menemukannya, maka Vlookup akan memberikan pesan error.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Pada fungsi Vlookup Excel, argumen dari nilai yang dicari bisa berupa angka, teks, ataupun nilai logika. Apabila memiliki nilai teks, maka huruf besar dan juga huruf kecil akan menjadi atau dianggap sama. Lalu, hal yang penting diperhatikan lagi adalah pada argumen nomor kolom harus memiliki nilai yang lebih dari 0 (nol).

Cara cepat belajar rumus Vlookup selanjutnya adalah apabila argumen nomor kolom memiliki nilai yang kurang dari 0 (negatif), maka rumus Vlookup akan menghasilkan nilai yang salah. Jika pada nomor kolom tersebut lebih besar dibandingkan dengan jumlah kolom pada tabel referensi, maka Vlookup akan mengembalikan nilai dari kesalahan tersebut.