3 Cara Melacak Akun Fake di IG Paling Akurat

3 Cara Melacak Akun Fake di IG Paling Akurat

Untuk mengetahui apakah akun Instagran sesorang asli atau palsu sangat mudah, yaitu dengan melihat apakah ada centang biru pada profil nya. Namun bagaimana cara melacak akun fake di IG? Tentu saja dengan cara kebalikan dari cara diatas ya! Singkatnya, jika akun tersebut tidak terdapat badge centang biru, berarti bisa dipastikan bahwa akun tersebut palsu atau fake. Permasalahan terjadi karena untuk mendapatkan akun centang biru, kalian harus sudah di verifikasi oleh Instagram seperti pada artikel sebelumnya. Kebanyakan akun dengan badge tersebut adalah milik artis, tokoh masyarakat dan orang terkenal. Lalu bagaimana jika kita ingin melacak akun orang biasa yang memang seharusnya secara umum tidak mempunyai lencana biru tersebut?

Oke, misalkan saja kalian ingin melacak akun teman atau saudara dan ingin membuktikan bahwa akun tersebut fake atau asli, dengan harapan tidak menginginkan hal-hal buruk terjadi. Karena akun yang ingin kalian lacak tersebut bukan salah satu akun orang terkenal, tentu kalian tidak akan mendapati centang biru yang dimaksud. Bisa dipastikan bahwa kalian tidak akan bisa menggunakan cara diatas. Lalu bagaimana cara melacak akun fake IG itu milik siapa jika tidak ada verifikasi badge? Beberapa langkah yang menurut kami efektif telah dirangkum di bawah ini:

1. Melihat History Akun

Cara ini yang pertama perlu kalian coba. Pada setiap akun IG, akan ada history profile yang bisa dilihat oleh pengguna lain. Manfaatkan fitur asli dari Instagram ini untuk mengetahui apakah akun tersebut asli atau bukan.

  • Buka aplikasi IG kalian melalui ponsel.
  • Cari akun yang ingin kalian buktikan keasliannya. Manfaatkan fasilitas “pencarian” agar lebih mudah untuk menemukan akun yang dimaksud. Jika sudah ketemu, langsung kalian buka ya!
  • Kalian akan langsung di arahkan pada profil akun tersebut. Lanjutkan dengan mencari informasi lebih dalam dengan memilih “tentang akun ini”.
  • Langkah terakhir adalah dengan membuka “nama pengguna akun sebelumnya”.

Sampai pada tahap terakhir tersebut kalian seharusnya bisa menilai apakah akun tersebut memang yang dimaksud atau bukan. Jika ada nama-nama lain selain nama yang dimaksud, kemungkinan besar akun tersebut fake.

2. Melalui Nomor Ponsel

Jika cara melacak akun fake di IG pada poin pertama masih belum meyakinkan. Cobalah cara yang kedua ini, yaitu dengan melacak nomor ponsel yang dipakai. Cara ini terbilang sangat efektif karena kebijakan dari Instagram mengharuskan 1 nomor hanya bisa dipakai untuk 1 akun.

  • Masuk ke akun IG.
  • Buka profile kalian sendiri.
  • Masuk ke pengaturan.
  • Pilih “temukan orang”.
  • Masukkan nomor HP yang ingin kalian lacak.

Pada langkah ini, kesulitan yang utama adalah ketika akun yang kalian cari tidak melakukan verifikasi ponsel. Artinya mereka menggunakan akun IG melalui email atau akun sosial media yang lain.

3. Dilihat Dari Kebiasaan

Cara yang terakhir lebih mengarah pada penggunaan feeling. Jika kalian ingin melacak akun, tentunya kalian sudah tahu siapa dia dan telah mengenalnya. Atau mungkin akun tersebut adalah pelaku usaha seperti pedagang, online marketing dan jasa. Nah, di sini kalian harus tahu kebiasaan mereka seperti apa, bisa dilihat dari keseharian postingnya. Jika sewaktu-waktu postingan tersebut diluar kebiasaannya, apalagi mengarah pada hal-hal negatif, maka sudah sepatunya kalian mencurigai akun tersebut.

Itulah beberapa cara melacak akun fake di IG yang bisa kami berikan. Apabila kalian mempunyai cara atau metode lain, jangan sungkan untuk berbagi ya!