Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar yang Tepat

Cara Membersihkan Alat Bantu Dengar yang Tepat

Agar tetap nyaman saat digunakan, alat bantu dengar (ABD) perlu dibersihkan secara berkala. Cara membersihkan alat bantu dengar memang sedikit rumit. Namun, tetap bisa dilakukan sendiri dirumah dengan memanfaatkan alat yang tepat. Berikut langkah pembersihan ABD yang tepat:

1. Siapkan Alat Pembersihan

Sebelum melakukan pembersihan alat bantu dengar, persiapkan terlebih dahulu alat yang diperlukan. Alat yang diperlukan antara lain lap kain, sikat, dan kawat khusus. Untuk lap kain, gunakan kain berbahan lembut. Gunakan pula sikat yang memiliki bulu lembut dan halus.

Kawat yang digunakan untuk membersihkan alat bantu dengar berbeda dengan kawat biasa. Ukuran kawat cukup kecil dan dibuat dengan desain khusus untuk membersihkan ABD. Hal ini diperlukan agar kawat dapat masuk kedalam lubang-lubang kecil yang terdapat dalam alat bantu dengar. Jadi, kotoran yang tersangkut di dalamnya bisa dikeluarkan dan dibersihkan dengan mudah.

Sikat dan kawat khusus untuk pembersihan ABD biasanya disediakan terpisah. Namun, pengguna bisa mendapatkan gabungan kedua alat tersebut dalam multi tools. Alat ini tentunya akan lebih efisien digunakan untuk melakukan pembersihan alat bantu dengar pengguna.

2. Usap dengan Kain

Terdapat dua jenis alat bantu dengar, yaitu ABD tipe In The Ear (ITE) dan Behind The Ear (BTE). Untuk langkah membersihkan keduanya tidak terlalu berbeda. Namun pada pembersihan alat bantu dengar tipe BTE, pengguna harus melepaskan ear mould dari ear hook. Untuk kemudian mencucinya menggunakan air dan sabun.

Pertama pisahkan bagian-bagian alat bantu dengar yang bisa dilepas. Lakukan pembersihan perbagian, agar pembersihan bisa dilakukan dengan lebih detail dan menyeluruh. Gunakan kain untuk membersihkan semua bagian luar alat bantu dengar.

Usap semua bagian menggunakan kain secara perlahan. Jangan gunakan kain basah untuk membersihkannya. Kecuali ketika membersihkan ear mould pada ABD tipe BTE. Alat bantu dengar merupakan perangkat elektronik. Akan berbahaya jika air masuk kedalam perangkat secara tidak sengaja.  

3. Sikat Lubang Kecil

Cara membersihkan alat bantu dengar menggunakan sikat dilakukan pada bagian mikrofon. Bagian yang memiliki beberapa lubang di area depannya ini perlu dibersihkan. Jadi kotoran yang terjebak dalam lubang, tidak menumpuk dan merusak kualitas suara yang dihasilkan alat bantu dengar.

Pegang perangkat dalam posisi lubang menghadap kebawah. Selanjutnya, sikat lubang dengan lembut. Dengan demikian kotoran yang menempel akan jatuh kebawah. Untuk membersihkan bagian lubang yang tidak terjangkau oleh sikat, gunakan kawat khusus. Masukkan kawat kedalam lubang dengan hati-hati. Jangan sampai menyebabkan goresan yang bisa merusak ABD.

4. Periksa Wax Guard

Pada bagian dalam alat bantu dengar terdapat pelindung yang dinamai wax guard. Pelindung ini memiliki bentuk yang sangat kecil, namun memiliki fungsi yang cukup penting. Jika wax guard rusak, perangkat tidak akan dapat bekerja maksimal. Kepekaan pendengaran akan berkurang.

Ketika melakukan pembersihan alat bantu dengar, pengguna juga perlu memeriksa bagian ini. Segera ganti wax guard jika dirasa perlu. Aqm-hearingcenter.com bisa membantu pengguna untuk mendapatkannya. Untuk melepas wax guard yang kecil ini, diperlukan alat khusus. Alatnya berupa tongkat kecil, mirip tusuk gigi.

5. Keringkan ABD

Langkah terakhir dalam cara membersihkan alat bantu dengar adalah mengeringkan alat tersebut. Lap seluruh bagian ABD dengan tisu kering. Hindari penggunaan hairdryer untuk mengeringkannya. Pastikan tidak ada air yang tersisa pada ear mould.

Diamkan alat bantu dengar semalaman sebelum digunakan. Ini sebaiknya dilakukan, untuk memastikan agar ABD kering sepenuhnya. Termasuk air yang mungkin masih tersisa didalam bagian ear mould yang dicuci dengan air.

Cara membersihkan alat bantu dengar memang gampang-gampang susah. Diperlukan ketelitian dan kehati-hatian untuk melakukannya. Namun pembersihan perlu dilakukan agar perangkat lebih awet dan nyaman digunakan.