Intip 5 Cara Membuka HP Lupa Password di Android

cara membuka hp lupa password

Pengguna HP pasti menggunakan fitur password untuk mengamankan atau memprivate HP. Namun terkadang beberapa orang lupa password HP baik itu dalam bentuk sandi, pola atau pin. Akibatnya HP jadi terkunci dan tidak bisa dibuka. Berikut akan diberikan beberapa langkah mudah cara membuka HP lupa password terutama di HP android:

1. Gunakan Aplikasi Find My Device

Aplikasi ini jadi metode termudah untuk mengembalikan akses ke perangkat android apabila pengguna lupa password. Namun tidak semua tipe android dapat mengakses aplikasi ini. Hanya pengguna android 2.3 atau versi terbaru yang bisa akses aplikasi Find My Device. Cara menggunakan aplikasi ini seperti berikut:

  • login ke layanan Find My Device di perangkat lain.
  • Pilih perangkat yang ada di daftar perangkat yang sebelumnya sudah terkait dengan akun pengguna.
  • Lalu pilih “lock” dengan memasukkan kode baru.
  • Setelah kode baru aktif, otomatis menimpa kode lama dan ponsel terbuka dengan password

2. Pakai Akun Google

Fitur akun google dapat digunakan untuk android versi terbaru atau minimal versi 4.4 untuk membuka password. Cara membuka HP lupa password dengan akun google juga tidak kalah mudah dilakukan, yakni sebagaimana dijabarkan dalam situs biggu.com berikut:

  • Masukkan password sebanyak 5 kali.
  • Setelah memasukkan password yang salah sebanyak 5 kali, tampilan layar HP akan terkunci, namun di bagian bawah layar akan muncul opsi “lupa pola”.
  • Kemudian klik opsi tersebut dan login ke akun google.
  • Setelah teridentifikasi dengan akun google pengguna dapat memilih password

3. Gunakan Smart Lock Fitur dengan Keamanan Tinggi

Smart Lock jadi fitur terbaru bagi pengguna android terutama tipe 5.5 ke atas. Tingkat keamanan fitur smart lock jauh lebih tinggi daripada android tipe lama. Keuntungan fitur ini adalah dapat membuka password secara otomatis misalnya ketika terhubung di jaringan wifi.

Aplikasi ini dapat diatur sesuai dengan kondisi dan kebutuhan pengguna. Apabila lupa password maka pengguna dapat kembali ke rumah agar tersambung dengan wifi dan membuka lockscreen secara otomatis. Smart lock dapat disesuaikan dan diatur di berbagai kondisi.

4. Manfaatkan Opsi Keamanan Dari Pihak Ketiga

Produsen smartphone kerap menghubungkan perangkat lunak keamanan keluaran produk sendiri ke dalam perangkat smartphone. Contohnya seperti Find My Mobile dari merk Samsung. Fitur keamanan dari pihak ketiga sangat menguntungkan karena pengguna tidak perlu download aplikasi apapun lagi.

Fitur bawaan tersebut sangat berguna untuk pengguna yang sering lupa password. Namun pengguna harus mengaturnya di web untuk dapat menggunakan fitur tersebut. Setelah mengunjungi web dari perangkat lain, maka lockscreen dapat terbuka dari sana.

5. Reset HP dengan Fitur Factory Reset

Fitur ini menjadi opsi terakhir apabila cara-cara di atas tidak berhasil yaitu dengan mereset HP atau mengembalikan ke setelan pabrik. Tapi resiko menggunakan fitur ini cukup besar, karena semua data akan hilang dari HP android. Jadi pengguna diharap berhati-hati sebelum memutuskan mereset HP.

Demikian beberapa tips mudah cara membuka HP lupa password di HP android. Pilih salah satu di antara 5 aplikasi dan fitur tersebut kemudian aplikasikan pada HP android yang lupa kode kuncinya agar bisa dibuka lagi.