Fakta Manfaat Toge dan Cabe Rawit Untuk Kesehatan

Fakta Manfaat Toge dan Cabe Rawit Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak tahu toge, sayuran sering muncul di banyak makanan sehari hari Ternyata memiliki banyak manfaat Toge bagi kesehatan tubuh kita.

Toge merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari biji kacang hijau dan banyak dikonsumi oleh masyarakat Indonesia. Selain harganya yang terjangkau toge juga kaya akan nutrisi.

Kandungan nutrisi yang terdapat di toge berupas Kalsium, Zat besi, Tembaga, Serat, Magnesium, Niasin, Fosfor, Ribooflavin, Zinc, Asam pantotenat, Vitamin C, Vitamin K, Vitamin B6, toge juga mengandung protein nabati, rendah kalori, dan tidak mengandung lemak.

Selain kaya akan nutrisi toge memiliki rasa yang renyah dan enak. Sehingga menjadi salah satu bahan masakan alternatif untuk dijadikan sebagai menu tambahan kebutuhan sayuran di rumah. Makannya toge sering ditemui di makanan seperti bakso, sayur mayur bahkan oseng oseng dengan campura bahan lainnya. Toge sangat cocok dimakan dengan apapun.

Berikut ini manfaat toge bagi kesehatan yang dikutip dari fokusjabar.id:

  1. Manfaat Toge untuk Kesuburan Pria

Banyak masyarakat yang mengenal bahwa manfaat toge bisa untuk meningkatkan kesuburan bagi pria. Ternyata khasit toge itu terdapat dalam kandungan Zinc, Antioksidan, dan Asam Folat yang dapat meningkaatkan jumlah kualitas hasil produksi sperma.

  1. Melancarkan Pencernaan

Toge merupakan sayuran yang mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Enzim berperan untuk memecah makanan, penyerapan nutrisi, dan proses metabolisme yang dapat membantu melancarkan pencernaan dalam tubuh. Selain itu terdapat juga kandungan serat dalam toge yang akan membantu melancarkan pencernaan secara efektif dan efisien.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Kandungan vitamin C dan Vitamin A yang terdapat dalam sayuran ini mampu berperan untuk meningkatkan imunitas tubuh anda. Makan sayuran ini juga dapat merangsarang anda untuk menstimulasi sel darah putih dalam melawan serangan yang terdapat infeksi dan beberapa penyakit lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Toge juga kaya akan sumber lemak omega-3, yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dengan baik, juga merupakan anti-inflamasi alami yang dapat mengurangi rasa stres pada sitem kardiovaskular, dan dalam omega 3 yang terdapat di toge dapat mengurangi ketegangan pembuluh darah sehingga sirkulasi dapat terlaksana dengan lancar. serta dapat menurunkan dan menjaga kesehatan terhadap resiko serangan jantung.

  1. Mencegah Anemia

Eitss toge juga bisa mengatasi buat anda yang memiliki Anemia atau kondisi yang kekurangan zat besi. Bagi yang memiliki Kekurangan zat besi akan menimbulkan penurunan jumlah sel darah merah, karena zat besi tersebut merupakan bagian yang penting dalam produksi sel darah merah.

Kekurangan zat besi, akan mengakibatkan kita sering merasa kelelahan, kurang konsentrasi, mual, dan pusing. banyaklah mengonsumsi toge, karena bermanfaat untuk mempertahankan jumlah sel darah merah, sehingga dapat juga mengurangi risiko terkena anemia. Kandungan toge dapat mempercepat penyerapan zat besi.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Toge banyak mengandung vitamin K yang manfaatnya dapat menjaga kesehatan kepadatan  dan meningkatkan kekuatan dalam tulang. Sehingga jika banyak mengkonsumsi toge ini secara rutin dapat berguna juga untuk mencegah osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

  1. Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A dan vitamin C yang di miliki toge dapat berperan untuk mendukung kesehatan mata. dalam vitamin C toge memiliki antioksidan yang dapat melindungi sel-sel dan menjaga kesehatan mata. Manfaat toge untuk kesehatan mata yaitu dapat menjaga penurunan resiko degenerasi makula terkait usia dan mencegah katarak.

  1. Meningkatkan Kesehatan Rambut

Selain itu juga toge dapat miningkatkan pertumbuhan kesehatan rambut dengan kandungan vitamin C. Vitamin C pada toge dapat menghancurkan berbagai gangungguan

juga menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan rambut rontok, tipis , rapuh, dan juga dapat menghilangkan kotoran serta ketombe. dengan makan sayuran toge secara teratur dapat membuat rambut jadi lebih lembut, berkilau dan meningkatkan pertumbuhan kesehatan pada rambut baru.

  1. Menurunkan Berat Badan

Buat kamu yang masih kesel karena berat badan ga turun-turun sudah mencoba dengan olahraga banyak, diet ini itu masih tetep naik timbangan? Nah Toge juga bisa jadi solusinya. Toge merupakan makanan yang kaya akan tinggi nutrisi dan rendah kalori. Ini berarti, toge sangat aman untuk dikonsumsi bagi kita yang sedang menjalani proses diet. Kandungan serat dalam toge juga dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama karena toge menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang mengingatkan kita untuk memakan sesuatu. Inilah yang dapat mengurangi untuk makan berlebihan.

  1. Mengurangi Rasa Stres

Berdasarkan penelitian University of Adelaide Australia, kandungan yang terdpat di toge seperti vitamin C, Zinc dan magnesium juga dapat membantu mengurangi rasa stres, gelisah, dan sekaligus membuat suasana hati menjadi tenang.

Itulah beberapa banyak coba manfaat Toge buat kesehatan tubuh. Ingin mengurangi rasa stres dan bingung berat badan ga turun-turun tinggal makan toge, risau pengen meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi seperti ini tinggal juga makan toge atau bahkan nih yang sudah pengen punya anak tapi ga subur-subur bisa dicoba pake toge juga. Yakin masih gamau makan toge ? Tinggal ke pasar terdekat beli deh.