Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat Berikut Hal Pentingnya

Inilah Cara Ganti Nomor WhatsApp Tanpa Menghilangkan Kontak dan Chat Berikut Hal Pentingnya

Banyak yang khawatir kalau saat mengubah no. WA semua riwayat perpesanan dan data di dalamnya akan hilang. Padahal itu tidak akan terjadi jika mengikuti cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat yang akan dijabarkan di bawah ini. Selain itu, media yang pernah diterima dan grup juga tidak terhapus.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan

Sebelum mengganti kontak WhatsApp, pengguna perlu membaca hal-hal di bawah ini supaya semua informasi dan data dari WA tidak hilang. Sebenarnya selama smartphone yang digunakan masih sama, kontak dari pengguna lain juga tidak akan terhapus. Asal yang dilakukan adalah ganti nomor bukan akun. Simak hal-hal yang harus diperhatikan berikut:

  • Nomor HP Masih Aktif

Pertama tentunya nomor baru yang akan menggantikan kontak lama itu haruslah masih bisa digunakan dan tentunya aktif. Minimal dapat menerima pesan singkat juga telepon. Nantinya ada kode verifikasi yang akan dikirim melalui no. tersebut. Hal ini seharusnya selalu diingat supaya proses pergantian berjalan lancar.

  • Nomor yang Lama Masih Terdaftar di WhatsApp

Hal kedua yang perlu menjadi perhatian pengguna yang akan mengganti no. WA dengan yang baru yaitu nomor lamanya masih terverifikasi oleh pihak WhatsApp. Cobalah untuk mengeceknya di Opsi Lainnya yang ada di pojok kanan. Setelah berada di menu Setelan, klik pada bagian foto profil.

Cara Mengganti Nomor WhatsApp yang Lama

Setelah memastikan dua hal di atas, selanjutnya simaklah cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat berikut ini. Semua tahapannya tidak terlalu sulit. Hanya beberapa kali tap dan no. lama akan terganti dengan yang baru. Bacalah langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Bukalah Menu Setelan

Pertama kali, bukalah aplikasi WhatsApp original ataupun GB WhatsApp yang mana nomor dari akun tersebut ingin diganti. Pastikan untuk tetap menggunakan smartphone yang sama agar semua kontak berikut chat-nya tidak ada yang terhapus. Setelah itu, pergilah ke menu Setelan atau Settings dengan mengklik ikon berupa titik tiga.

2. Gantilah dengan Nomor yang Baru

Jika sudah berada di Setelan, gulir layar ke bawah dan tap pada bagian Account. Pada menu inilah terdapat fitur untuk ganti nomor yang lama ke baru. Setelah menekan Change Number, pengguna dapat memasukkan no. ke dalam kolom yang disediakan. Cara pengisiannya tidak berbeda dari ketika mendaftar, yaitu menyertakan kode negara.

3. Beritahu Pengguna Lain

Agar pengguna lain dapat mengetahui kalau nomor lama telah terganti, maka harus memberi tahunya. Pada tampilan baru setelah menekan tombol Next, pengguna diharuskan menggeser slider ke arah kanan di menu Notify Contacts. Nantinya orang-orang yang menyimpan nomor atau sering melakukan chat akan menerima pemberitahuan. Setelahnya, tekan tombol Done.

4. Masukkan Kode Verifikasi

Pada langkah inilah mengapa nomor baru diharuskan masih aktif. Pengguna akan menerima kode yang digunakan untuk verifikasi kontak. Angka berjumlah 6 digit tersebut menjadi keamanan yang diberikan oleh pihak WhatsApp. Kode tersebut nantinya akan dikirim melalui pesan singkat dan harus dituliskan ke dalam kolom.

Apabila setelah waktu tunggu habis dan pengguna tidak menerima kode verifikasi melalui SMS, maka perlu menggunakan cara lainnya. Nantinya akan ditampilkan menu berupa Panggil Saya, klik pada tombol tersebut. Selanjutnya, pihak WhatsApp akan melakukan panggilan dan menyebutkan angka yang harus dicatat.

Demikian penjelasan mudah tentang cara ganti nomor WhatsApp tanpa menghilangkan kontak dan chat yang dapat dipraktekkan. Pengguna juga harus memperhatikan betul dua hal yang telah dituturkan. Untuk lebih jelasnya, kunjungilah suratkabar.id, pengguna juga dapat mengunduh aplikasi modifikasi WhatsApp ada situs ini.