Inilah Cara Mengatasi WA GB yang Error dan Kenali Juga Penyebabnya

Inilah Cara Mengatasi WA GB yang Error dan Kenali Juga Penyebabnya

WA GB adalah aplikasi hasil modifikasi dari original WhatsApp. Aplikasi WA GB memang sering mengalami masalah, baik trouble maupun error. Banyak sekali penyebabnya, mulai dari kesalahan server ataupun masalah internal dari pengguna. Lantas, bagaimana cara mengatasi WA GB yang error? Simak ulasannya berikut ini:

1. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Bisa jadi penyebab WA GB error adalah koneksi internet sedang tidak stabil atau bahkan terputus. Untuk mengatasinya, pastikan jaringan provider aman dan kuota internet masih ada. Aplikasi online WA GB akan berfungsi jika provider-nya juga sedang online.

Cara memastikan jaringan internet masih terkoneksi adalah melihat icon sinyal pada toolbar ponsel. Jika ada kendala, memeriksa jaringan internet juga bisa dilakukan dengan masuk ke menu Pengaturan. Pilihlah opsi SIM dan jaringan, kemudian pastikan data seluler dalam keadaan aktif.

2. Restart Ponsel

Banyaknya aplikasi yang sedang berjalan biasanya akan menyebabkan ponsel mengalami masalah. Hal tersebut juga pasti berdampak pada kinerja sebagian aplikasi. WA GB yang error, bisa saja disebabkan karena kondisi ponsel dari pengguna yang juga sedang dalam keadaan error.

Untuk memulihkan kondisi ponsel, sebaiknya lakukan restart. Cara ini bisa dicoba agar software pada ponsel menjadi pulih dan bisa digunakan dengan normal, termasuk aplikasi WA GB yang sedang error tersebut.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Data Cache yang terlalu banyak akan menyebabkan kinerja ponsel lambat, sebab internal storage sudah penuh. Aplikasi WA GB yang error atau pending mungkin saja disebabkan karena masalah Cache aplikasi yang sudah penuh. Cara mengatasi WA GB yang error akibat masalah ini yaitu dengan membersihkan atau menghapus Cache.

Membersihkan Cache sangat bermanfaat agar WA GB bisa kembali normal. Cara membersihkan Cache sangat mudah. Masuklah ke menu Pengaturan, lalu cari aplikasi WhatsApp GB pada menu Manager Aplikasi. Selanjutnya tekan tombol Hapus Cache, lalu restart ponsel. Pastikan setelah ponsel menyala kembali, aplikasi WA GB sudah bisa digunakan seperti semula.

4. Perbarui Aplikasi

Setiap aplikasi pasti menyuguhkan fitur update atau perbarui. Jika pengguna melewatkan proses update ke versi terbaru, maka bisa dipastikan aplikasi WA GB akan mengalami beberapa gangguan. Fitur update akan hadir sewaktu-waktu tergantung dari server aplikasi. Oleh sebab itu, periksalah secara berkala dan segera lakukan update jika versi pembaruan sudah muncul.

Cara melihat fitur update adalah di halaman store apk, yaitu di Playstore maupun Appstore. Cari aplikasi WA GB pada Playstore/ Appstore, lalu pilih opsi tab perintah update untuk pembaruan. Tunggu prosesnya hingga selesai. Selanjutnya, buka kembali aplikasi WA GB dan pastikan sudah berfungsi normal dan tidak error lagi.

5. Install Ulang Aplikasi

Terakhir, cara mengatasi WA GB yang error adalah dengan uninstall aplikasi, kemudian install kembali. Bisa jadi, saat mengunduh aplikasi WA GB sebelumnya ada data yang corrupt sehingga rentan terjadi error. Sebelum uninstall aplikasi WA GB, sebaiknya lakukan backup pesan terlebih dahulu agar beberapa pesan penting sebelumnya tidak hilang.

Pesan dari WA GB bisa dicadangkan ke Google Drive atau ke aplikasi WhatsApp ori. Cara backup pesan WA GB juga mudah. Buka aplikasi WA GB, pilih Setelan > Chat > Cadangkan Chat. Tunggu proses backup pesan hingga selesai 100%. Data hasil backup akan tersimpan di File Manager.

Itulah beberapa cara mengatasi WA GB yang error dengan mudah. Dapatkan informasi seputar news, aplikasi, game, maupun tutorial lainnya di website bpbdkotabandarlampung.id.