Jangan Sepelekan Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Diperhatikan

Jangan Sepelekan Inilah Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas yang Harus Diperhatikan

Kasus overheat kerap menjadi permasalahan baik bagi pemilik mobil baru maupun tua. Jangan pernah menyepelekan penyebab mesin mobil cepat panas karena dapat menimbulkan kerusakan komponen. Mengapa? Sebab jika mesin panas maka akan memicu ledakan api akibat temperatur yang tinggi sehingga sistem pendingin akan kehabisan cairan. Jadi sangat penting untuk diperhatikan mulai dari hal sepele.

Ada beberapa faktor penyebabnya, kebanyakan pemilik mobil kurang sadar atau tidak mengetahuinya. Ketika rusak dan tidak dapat berjalan, mobil baru dibawa ke bengkel untuk diservis. Alhasil merogoh kocek yang cukup besar karena mahalnya biaya sparepart. Supaya lebih perhatian lagi, yuk ikuti penjelasan di berikut yang membahas mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mesin tidak overheat!

Kerusakan Radiator

Radiator berguna menjaga suhu mobil tetap stabil, jika komponen ini rusak maka mesin yang lain turut bermasalah. Fungsinya yaitu mengalirkan air panas agar di dalamnya selalu dingin. Sirkulasi radiator yang tidak lancar dan bocornya selang akan menghambat jalannya air serta mengakibatkan overheat. Sebaiknya gunakan cooler dan rajin menggantinya jika sudah mencapai 20.000 km.

Oli Mesin Tidak Sesuai Standar dan Cepat Berkurang

Oli bekerja sebagai pelumas agar komponen di dalamnya dapat bergesekan dan pendingin mesin agar tidak terjadi overheat. Ketika menguap dan bersinggungan dengan ruang pembakaran maka oli mesin akan berkurang. Apalagi jika pemakaiannya cukup lama dan tidak diservis secara berkala. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan oli yang sesuai standar dan memiliki kualitas yang baik.

Kipas Pendingin Mati

Kipas pendingin yang mati adalah penyebab mesin mobil cepat panas karena berguna sebagai penyedot udara. Komponen ini berfungsi agar radiator tetap dingin dan membuang udara panas ke luar. Biasanya kerusakan terjadi pada lama pemakaian, dinamo, belt putus atau pemasangan kipas yang terbalik. Solusi yang tepat adalah segera menggantinya jika komponen tersebut rusak agar berkendara lebih nyaman.

Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat bekerja sebagai pengukur suhu mobil dan mengatur air mengalir ke dalam mesin. Saat tidak berfungsi maka keluar masuknya air dari radiator menuju mesin akan terganggu. Cara kerjanya yakni ketika suhu mesin rendah, thermostat mengatur agar air tetap berada di dalam radiator.

Namun, jika suhu berubah panas maka air radiator akan keluar mengalir menjadi pendingin. Nahm bagi pemilik mobil yang belum tahu fungsi Thermostat secara keseluruhan, sebaiknya perbanyak mencari tahu informasi seputar otomotif di website khusus, salah satunya seperti situs mobilku.

Kerusakan di Water Pump

Water Pump berguna dalam memompa air dari mesin agar dapat berputar di dalam radiator dan menjaga sirkulasi berjalan dengan baik. Biasanya kerusakan terjadi akibat usia dan lamanya pemakaian, pengunci rusak ataupun seal di sekelilingnya sudah berkarat. Apabila komponen ini sudah tidak normal maka water coolant tidak dapat terpompa dengan maksimal.

Itulah 5 penyebab mesin mobil cepat panas yang harus diperhatikan dan sering dilakukan pengecekan. Jangan pernah menganggap remeh hal di atas karena dapat membuat mobil mati bahkan rusak. Rutinlah melakukan perawatan secara berkala agar mesin tetap sehat dengan kondisi selalu bagus. Pastinya akan membuat nyaman berkendara dan bepergian jauh jika tidak ada masalah pada mobil.