Jilbab Syar’i: Cara memakai, Model, tips dan Paduan warna

Asa Ardiana April 4, 2023

Jilbab Syar’i adalah jilbab yang dirancang sesuai dengan syariat Islam, yang menutupi seluruh bagian tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Biasanya jilbab Syar’i dilengkapi dengan kerudung atau khimar yang menutupi rambut, leher, dan dada. Jilbab Syar’i biasanya dipakai oleh wanita muslimah untuk menunjukkan rasa hormat dan ketaatan pada agama Islam.

Berikut adalah cara memakai jilbab Syar’i:

  1. Pertama, kenakan baju atau atasan yang longgar dan menutupi seluruh bagian tubuh. Hindari memakai baju yang terlalu ketat atau transparan.
  2. Setelah itu, kenakan celana atau rok yang panjang hingga menutupi pergelangan kaki.
  3. Kemudian, kenakan khimar atau kerudung yang panjang hingga menutupi rambut, leher, dan dada. Pastikan khimar tidak terlalu ketat dan masih nyaman dipakai.
  4. Setelah itu, kenakan jilbab yang panjang hingga menutupi seluruh bagian tubuh hingga kaki. Pastikan jilbab tidak terlalu ketat dan masih nyaman dipakai.
  5. Terakhir, pastikan semua bagian jilbab tertutup dengan baik dan tidak ada bagian tubuh yang terlihat.

Dalam memilih jilbab Syar’i, pilihlah jilbab yang terbuat dari bahan yang nyaman dan tidak mudah kusut. Selain itu, pilihlah jilbab dengan warna yang netral dan mudah dipadukan dengan busana lain. Dengan memakai jilbab Syar’i, wanita muslimah dapat tampil sopan dan menjaga kehormatan diri sesuai dengan syariat Islam.

Model Jilbab Syar’i yang Banyak Dipakai?

Ada beberapa model jilbab Syar’i yang banyak dipakai oleh wanita muslimah, di antaranya adalah:

  1. Jilbab Segi Empat Jilbab segi empat adalah model jilbab yang terdiri dari segi empat kain yang dilipat menjadi segitiga dan dikenakan di atas kepala. Model ini cukup praktis dan mudah dipakai, serta dapat dipadukan dengan berbagai jenis busana.
  2. Jilbab Pashmina Jilbab pashmina adalah model jilbab yang terbuat dari bahan lembut dan fleksibel, sehingga dapat dibentuk dan disesuaikan dengan berbagai gaya. Jilbab pashmina biasanya lebih panjang dari kerudung pada umumnya, sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti jilbab dan khimar.
  3. Jilbab Bergo Jilbab bergo adalah model jilbab yang menutupi seluruh bagian kepala dan dada, serta dilengkapi dengan khimar atau kerudung yang menutupi bagian belakang dan samping kepala. Model ini memberikan kesan elegan dan anggun, serta cocok dipakai untuk acara formal.
  4. Jilbab Syar’i Modern Jilbab Syar’i modern adalah model jilbab yang mengkombinasikan desain tradisional dan modern, sehingga terlihat lebih trendy dan stylish. Model ini sering kali menggunakan bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan memiliki aksen-aksen yang menarik, sehingga dapat memberikan tampilan yang lebih menarik dan fashionable.

Itulah beberapa model jilbab Syar’i yang banyak dipakai oleh wanita muslimah. Pilihan model jilbab dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masing-masing, namun tetap harus memenuhi syarat syar’i dalam Islam.

Tips Memilih Jilbab Syar’i yang Cocok

Memilih jilbab Syar’i yang cocok tentunya sangat penting bagi wanita muslimah.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu dalam memilih jilbab Syar’i yang tepat:

  1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Pilihlah jilbab Syar’i yang sesuai dengan kebutuhan, seperti untuk acara formal atau sehari-hari. Pastikan juga jilbab tersebut dapat memberikan kenyamanan saat dipakai.
  2. Pilih Bahan yang Berkualitas Bahan jilbab sangat berpengaruh pada kenyamanan dan penampilan. Pilihlah bahan yang berkualitas, tidak terlalu tebal atau tipis, serta tidak mudah kusut atau luntur.
  3. Pilih Model yang Sesuai dengan Bentuk Wajah Setiap wanita memiliki bentuk wajah yang berbeda-beda, sehingga perlu memilih model jilbab Syar’i yang sesuai dengan bentuk wajah. Model jilbab yang tepat dapat membuat wajah terlihat lebih proporsional dan menarik.
  4. Perhatikan Ukuran Ukuran jilbab Syar’i juga penting untuk diperhatikan, terutama bagi wanita yang memiliki ukuran kepala yang lebih besar atau lebih kecil dari rata-rata. Pilihlah jilbab yang ukurannya pas agar tidak terlalu ketat atau longgar.
  5. Pilih Warna yang Cocok Warna jilbab juga dapat mempengaruhi penampilan. Pilihlah warna yang cocok dengan kulit dan pakaian yang dipakai. Pilihlah warna-warna yang netral seperti hitam, putih, coklat, atau abu-abu agar lebih mudah dipadukan dengan pakaian lain.

Itulah beberapa tips dalam memilih jilbab Syar’i yang cocok. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, diharapkan dapat memudahkan wanita muslimah dalam memilih jilbab Syar’i yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.

Jilbab Syar’i dengan Paduan Warna yang Keren

Jilbab Syar’i dengan paduan warna yang keren dapat membuat penampilan wanita muslimah semakin menarik dan stylish.

Berikut ini adalah beberapa paduan warna yang bisa dicoba untuk jilbab Syar’i:

  1. Hitam dan Emas Paduan warna hitam dan emas sangat elegan dan cocok untuk acara formal. Gunakan jilbab hitam dengan aksen emas pada tepiannya atau gunakan jilbab emas dengan aksen hitam pada tepiannya untuk tampilan yang lebih dramatis.
  2. Biru dan Coklat Paduan warna biru dan coklat memberikan kesan natural dan earthy. Gunakan jilbab biru tua dengan aksen coklat atau sebaliknya, atau gunakan jilbab biru muda dengan pakaian berwarna coklat untuk tampilan yang lebih segar.
  3. Hijau dan Ungu Paduan warna hijau dan ungu memberikan tampilan yang fresh dan playful. Gunakan jilbab hijau dengan aksen ungu atau sebaliknya, atau gunakan jilbab ungu dengan aksen hijau pada tepiannya.
  4. Pink dan Abu-abu Paduan warna pink dan abu-abu memberikan kesan feminin dan modern. Gunakan jilbab pink dengan pakaian berwarna abu-abu atau sebaliknya, atau gunakan jilbab dengan paduan warna pink dan abu-abu.
  5. Merah dan Hitam Paduan warna merah dan hitam memberikan tampilan yang bold dan powerful. Gunakan jilbab merah dengan aksen hitam atau sebaliknya, atau gunakan jilbab hitam dengan aksen merah pada tepiannya.

Itulah beberapa paduan warna yang bisa dicoba untuk jilbab Syar’i. Namun, tetap perhatikan juga kaidah dalam berbusana sesuai syariat Islam dan pastikan memilih warna yang sesuai dengan kulit dan kepribadian.

Tinggalkan komentar