Ketahui Pengertian NFT dan Penerapannya Dalam Berbagai Sektor

NFT

Belakangan ini, NFT atau Non Fungible Token menjadi topik hangat yang banyak diperbincangkan. Dimana NFT ini digambarkan sebagai suatu aset digital yang diprediksi akan memiliki nilai yang sangat fantastis di masa mendatang. Namun, sebelum ikut berpartisipasi dalam dunia NFT, ada baiknya mengetahui dahulu pengertian NFT dan penerapannya dalam berbagai sektor.

Pengertian NFT

NFT merupakan aset digital yang mewakili sebuah objek dunia nyata, seperti gambar dan item game yang berbasis jaringan teknologi Blockchain. Transaksi NFT biasanya dilakukan secara online menggunakan mata uang digital cryptocurrency. NFT sudah ada sejak tahun 2014 silam yang semakin terkenal karena kemudahannya dalam proses jual beli karya seni digital.

Penerapan NFT

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa NFT adalah aset digital yang mewakili sebuah objek tertentu. NFT dinilai sebagai metode praktis dalam sistem jual beli aset digital yang membuatnya banyak diterapkan dalam berbagai macam sektor.

1. Dalam Sektor Bisnis

Dalam sektor bisnis, NFT banyak digunakan dalam menghubungkan berbagai aset fisik hingga bukti kepemilikan suatu properti. Dengan menggunakan NFT, bukti kepemilikan properti fisik dapat disimpan dengan aman dalam blockchain. Selain itu, proses verifikasinya pun tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pengguna NFT tidak perlu khawatir jika sertifikat berharganya hilang, sebab NFT menyediakan blockchain yang dapat menjaga data kepemilikan sertifikat tersebut. Hanya saja, masih sedikit orang yang menggunakan NFT untuk menyimpan aset berharga.

2. Dalam Sektor Kesenian

Dengan karakteristik dan keunikan yang dimiliki, mampu membuat NFT menjadi teknologi mutakhir dalam sektor kesenian. NFT menawarkan keamanan yang tinggi untuk karya seni yang hendak dipublikasikan secara online. Sehingga, dapat membantu seniman dalam melawan plagiarisme dari suatu karya seni yang telah dibuatnya.

Pasalnya, karya seni yang dipublikasikan secara online umumnya dapat dengan mudah diklaim oleh orang lain yang menyebabkan kerugian bagi pembuatnya. Dengan menggunakan teknologi blockchain dalam NFT ini dapat menjamin seniman atas kepemilikan karya.

3. Dalam Sektor Hiburan

Selain dalam sektor bisnis dan kesenian, NFT juga dapat diterapkan dalam sektor hiburan, mulai dari game hingga barang koleksi. NFT juga membuka pasar yang potensial untuk barang – barang koleksi. Salah satu barang yang fungsi utamanya sebagai koleksi dan saat ini banyak diburu adalah avatar unik dari Crypto Punks.

Pasar game yang berbasis blockchain juga menjadi incaran banyak orang, karena dianggap menjadi sektor yang menjanjikan di dunia kripto. Hal ini dapat dilihat dari game NFT seperti Axie Infinity yang sudah populer di berbagai negara.

Itulah informasi lengkap tentang pengertian NFT dan penerapannya dalam berbagai sektor. NFT menjadi aset investasi yang dapat memberikan keuntungan besar bagi pemiliknya. Jika tertarik menjadi kolektor NFT, dapat mulai mencari dari marketplace penyedia NFT.