Langkah Klaim Asuransi Auto 2000

Langkah Klaim Asuransi Auto 2000

Beberapa dari Anda pasti penasaran apakah mobil yang mengalami kerusakan ringan bisa mengajukan klaim asuransi? Jawabannya bisa, apalagi jika Anda membeli mobil Toyota tersebut di Auto 2000 secara kredit maupun cash. Bagi Anda yang telah mendaftarkan diri di asuransi Auto 2000, ikuti langkah klaim asuransi berikut ini.

1. Ikuti Prosedur

Klaim asuransi kendaraan sering dianggap rumit oleh beberapa pihak, padahal faktanya Anda tidak akan dipersulit jika mengikuti prosedur yang telah ditentukan. Anda bisa mempelajarinya dalam waktu singkat. Hal penting yang harus diingat adalah ikuti prosedur yang sesuai agar pihak Auto 2000 tidak menolak klaim Anda.

Prosedurnya sangat mudah, apalagi di zaman yang serba canggih seperti saat ini yang segalanya bisa dilakukan secara digital. Sertakan lampiran seperti foto kendaraan dan dokumen asuransi. Prosedur tersebut tentunya juga berlaku untuk Anda yang mengalami kehilangan maupun kecelakaan termasuk juga pertanggungan Comprehensive dan Total Lost Only.

2. Laporkan Kejadian

Langkah pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melaporkan kejadian yang menimpa Anda kepada pihak cabang asuransi terdekat dengan lokasi kejadian. Ini merupakan langkah paling penting agar asuransi Anda bisa diklaim dengan mudah. Pelaporan ini setidaknya dilakukan sejak 3 hari setelah kejadian yang menimpa kendaraan Anda.

Apabila lebih dari 3 hari Anda tidak kunjung melaporkan, maka kemungkinan besar asuransi kendaraan Anda tidak bisa diklaim alias hangus maupun ditolak. Kejadian tersebut bisa saja kehilangan maupun kecelakaan. Jangan lupa pula untuk mengabadikan momen kecelakaan tersebut sebagai bukti yang bisa dilampirkan. Tanpa bukti, asuransi Anda sulit diklaim karena dianggap palsu. Jadi, pastikan bahwa Anda memiliki bukti yang kuat.

3. Kronologi Kecelakaan

Kemudian, Anda bisa membuat kronologi bagaimana proses terjadinya kecelakaan atau kehilangan mobil Toyota milik Anda. Auto 2000 merupakan salah satu asuransi mobil Toyota terbaik sehingga segala prosedur harus diikuti seperti kronologi kecelakaan. Hal ini juga menguntungkan anggota asuransi karena tidak akan ada pihak-pihak nakal yang mengajukan klaim tanpa seizin pemilik asuransinya.

Jika Anda lupa bagaimana kronologi kecelakaannya, maka bisa dengan menggunakan CCTV setempat yang turut merekam aktifitas Anda saat kecelakaan berlangsung. Buatlah sewajarnya, jangan direkayasa. Pihak asuransi juga akan meneliti dengan cermat kronologi yang Anda tuliskan. Apabila terbukti Anda berbohong dengan rekayasa kejadian, maka bisa jadi keanggotaan Anda dihapus atau membayar ganti rugi.

4. Laporan Polisi

Jangan lupakan langkah yang satu ini. Segala sesuatu yang terjadi maka sudah wajib dilaporkan kepada pihak kepolisian. Sebaiknya laporkan kepada polisi yang paling dekat dengan lokasi kejadian. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam proses klaim asuransi karena polisi juga akan membuat laporan di mana bisa dijadikan bukti bahwa benar adanya Anda mengalami kecelakaan atau kehilangan kendaraan. Keterangan kehilangan, kecelakaan atau blokir kendaraan akan diberikan sebagai berkas penyidikan lanjutan.

5. Dokumen Kendaraan

Langkah berikutnya adalah jangan lupa untuk menyertakan dokumen kendaraan Anda. Data dokumen kendaraan yakni seperti fotokopi SIM pengemudi dan fotokopi STNK kendaraan. Anda juga harus menyertakan fotokopi polis asuransi agar segera data diproses. Pentingnya lagi adalah lakukan pengecekan surat-surat tersebut seperti tahun berlakunya. Apabila surat keterangan tersebut sudah kadaluarsa maka Anda tidak bisa melakukan klaim asuransi karena ditolak. Jangan menganggap remeh hal ini karena banyak pihak yang menjadi korban karena menyepelekan sehingga tidak bisa melakukan klaim asuransi.

Apabila setelah kejadian Anda melakukan perpanjangan maka juga tidak bisa diklaim, karena yang seharusnya adalah saat kejadian surat tersebut belum kadaluarsa. Jika setelah kejadian Anda perpanjang maka itu dianggap curang.

6. Tunggu Tim Survey

Setelah seluruh langkah di atas Anda lakukan, maka sekarang hanya tinggal menunggu tim survey. Mereka akan melakukan pemeriksaan kondisi fisik kendaraan Anda serta mencocokkan dengan berkas yang telah Anda ajukan. Waktu yang dibutuhkan untuk menunggu tim survey adalah maksimalnya selama 3 hari setelah pengajuan di hari kerja. Mereka akan menghubungi Anda jika ingin melakukan survey, namun jika ada berkas yang belum dilengkapi maka tim akan memberikan waktu selama 7 hari.

Langkah klaim asuransi ini berlaku untuk setiap mobil Toyota, mulai asuransi mobil Toyota Avanza hingga Toyota Rush.