Mengapa Situs Toko Online Perlu Menggunakan Payment Gateway Indonesia ? Ini Alasannya!

Mengapa Situs Toko Online Perlu Menggunakan Payment Gateway Indonesia ? Ini Alasannya!

Sejak pandemi berlangsung, bisnis online berkembang dengan pesat. Tidak hanya untuk kebutuhan fashion atau lifestyle, bisnis online merambah hingga ke penyediaan kebutuhan pokok.  Tapi toko online tentu saja memiliki permasalahannya sendiri, mulai dari kerawanan penipuan, transaksi yang agak sulit dll. Olehnya itu, untuk mencegah berbagai kerawanan yang dapat merugikan anda dan konsumen, kepada para pemilik toko online agar sebaiknya melengkapi keamanan dan kecepatan transaksi dengan menggunakan jenis pembayaran payment gateway Indonesia. Lalu apa itu payment gateway?

Pengertian Payment Gateway

Payment Gateway adalah sebuah media transaksi digital yang disediakan oleh suatu layanan belanja online yang memberikan beberapa pilihan bagi penggunanya, seperti pemrosesan kartu kredit, transaksi bank, pembayaran di gerai minimarket serta penggunaan dompet digital.  Sistem kerja payment gateway yaitu ketika pembeli telah membeli barang di suatu toko online, transaksi akan disampaikan ke payment gateway dan dilanjutkan ke prosesor pembayaran bank. Payment processor akan melanjutkan ke kartu kredit yang digunakan untuk dilakukan persetujuan. Pesan kemudian dilanjutkan ke website pembelian dan kepada pengguna kartu. Payment gateway memiliki pengaruh yang besar dalam keberhasilan suatu toko online. Mengapa demikian? berikut ulasannya.

Kemudahan Transaksi

Salah satu kelebihan dari jenis pembayaran payment gateway adalah kemudahan dalam bertransaksi. Selain memudahkan anda dalam tata kelola keuangan dan stok barang, hal ini juga memudahkan customer anda karena bebas memilih metode pembayaran yang sesuai dengan keinginan mereka. Selain itu proses konfirmasi pembayaran dapat dilakukan lebih cepat dibanding dengan metode pembayaran manual. Jadi, dengan adanya payment gateway maka toko online anda dapat menjangkau banyak pelanggan karena kemudahan transaksi yang anda tawarkan dengan bantuan payment gateway indonesia.

Mengapa Situs Toko Online Perlu Menggunakan Payment Gateway Indonesia ? Ini Alasannya!

Sistem Otomatis Meningkatkan Keamanan Transaksi

Payment Gateway di Indonesia pada umumnya telah dilengkapi dengan Fraud Detection System. Jadi, Fitur ini dapat mendeteksi penipuan transaksi yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab secara otomatis. Bukan hanya itu, untuk menghindari peretasan, system ini juga memiliki standar keamanan seperti Address Verification System (AVS), Card Security Code (CV2) serta 3D Secure Password. Jadi anda tidak perlu lagi khawatir tentang keamanan keuangan anda. Selain itu, payment gateway Indonesia juga membuat konsumen anda akan menjadi lebih percaya untuk berbelanja di toko online anda karena pembayaran mereka terkonfirmasi secara otomatis jadi tidak perlu lagi memfoto bukti transfer agar mendapat konfirmasi dari anda secara manual.

Baca Juga : 4 Faktor yang Memengaruhi Customer Satisfaction

Toko Online Anda Menjadi Lebih Terpercaya

Untuk mendaftarkan diri pada payment gateway Indonesia terbaik, anda memerlukan beberapa persyaratan yang pada intinya menunjukkan bahwa anda benar – benar pelaku bisnis yang terpercaya. hal ini juga akan membuat image toko online anda menjadi lebih terlihat profesional oleh calon kostumer anda. Dan karena kemudahan transaksi yang ditawarkan serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap kredibilitas toko online anda. Secara tidak langsung akan berdampak baik untuk kemajuan bisnis anda kedepannya.

Jadi, itulah pembahasan kita tentang  alasan perlunya toko online anda menggunakan payment gateway Indonesia. Jadi Selain untuk keamanan, ternyata jenis pembayaran ini juga bisa mempengaruhi tingkat kemajuan bisnis anda di masa yang akan datang. Dengan adanya payment gateway maka akan memberikan sebuah kemudahan di dalam urusan pembayaran, pembelian di toko online dan juga penjualan. Terdapat banyak kelebihan payment gateway untuk toko online yang akan kita kembangkan. Bagaimana, tertarik untuk mendaftarkan toko onlinemu ke payment gateway?