Mengenal Teknologi Cloud Server

Cloud Server

Cloud server adalah layanan teknologi yang akan menggabungkan sebuah computer dengan jaringan yang berbasis pada internet. Teknologi ini dapat memanfaatkan media internet menjadi pusat server dalam pengelolaan data agar data apa saja yang nanti diperlukan dengan mudah diakses dan tidak perlu menyimpan data melalui harddisk, flashdisk, cd, dan dvd. Hal ini tentunya akan mempermudah apabila memiliki data yang disimpan pada perangkat penyimpanan dan perangkat tersebut hilang, data yang tersimpan sebelumnya pasti akan terikut hilang apalagi jika sudah membangun web sebesar reliancerobopds.co.id dan X8 speeder namun data yang berada dicloud server tetap aman. Maka dari itu, cloud server menjadi salah satu solusi terbaik yang dimiliki pada era teknologi saat ini sebagai sebuah media penyimpanan yang universal penggunanya siapa saja.

Adanya cloud server, pengguna dapat mengakses data kapanpun sehingga sangat mempermudah pekerjaan. Apabila seseorang menginginkan jasa dari penyedia layanan cloud server, maka terlebih dahulu diminta mendaftarkan email untuk membuat akun sebagai pengguna agar dapat masuk melalui ID akun dan password saat akan membuka atau menyimpan file. Layanan ini juga memberikan kemudahan jika ingin menaikkan atau menurunkan resource server sesuai dengan kebutuhan pengguna yang biasanya disebut dengan On Demand. Pada layanan ini juga, pengguna bisa berlangganan satu server dengan konsekuensi harga yang sedikit mahal dengan kualitas yang tentunya lebih baik karena infrastruktur yang terdiri dari beberapa server saling backup.

Keunggulan dari Cloud Server

Cloud server sangat mudah digunakan dan fleksibel. Saat pengguna mengambil data, pengguna dapat menggunakan kompeter satu dengan computer lainnya yang saling terhubung dengan internet. Cloud server akan menyimpan datanya didalam jaringan internet sehingga selama computer terkoneksi dengan internet maka pengguna bisa mengakses data dengan mudah. Harga dari cloud server juga terbilang terjangkau, oleh karena itu banyak pembuat website dengan budget rendah dapat menikmati hosting ini. Cloud server akan membantu seluruh pengguna dari web hosting agar lebih mudah melakukan proses penyimpanan data dengan fleksibel dan juga aman. Karena sebanyak apapun data yang ingin disimpan pada server ini akan ditampung dengan kapasitas penyimpanan data yang unlimited (tidak terbatas).

Cloud server tidak harus diakses dari perangkat yang sama karena data-data yang dibutuhkan sudah tersimpan pada server dengan baik dan pengguna dapat mengakses melalui perangkat dan sistem operasi apa saja kapan pun dan dimana pun untuk tetap dapat memonitoring proyek secara selain dengan leluasa, juga membuat karyawan-karyawan tetap dapat melakukan kolaborasi di semua tempat.Dalam dunia bisnis keunggulan lain yang dimiliki oleh cloud server yakni minim downtime atau otomatis dapat berpindah dari node yang telah gagal ke node fungsional, atau bisa dikatakan akan mendapatkan manfaat dari storage cluster yang minim downtime jika dibandingkan dengan VPS biasa.