Polis Asuransi Kebakaran Rumah yang Dapat Dipilih oleh Masyarakat

Polis Asuransi Kebakaran Rumah yang Dapat Dipilih oleh Masyarakat

Melalui asuransi kebakaran rumah, masyarakat dapat meminimalkan kerugian ketika terjadi kebakaran. Asuransi ini merupakan jaminan ganti rugi terhadap bangunan akibat resiko kebakaran. Di dalam asuransi kebakaran, masyarakat dikenalkan dengan polis. Polis merupakan bukti yang tertuang dalam bentuk tulisan yang isinya berisikan informasi akan produk asuransi. Ada banyak jenis polis asuransi kebakaran yang dapat dipilih oleh masyarakat, salah satunya adalah PSAKI. Polis ini dibagi menjadi 2 jenis, diantaranya:

1. Polis kebakaran industri merupakan polis yang menanggung segala jenis kerusakan yang disebabkan oleh kebakaran.

2. Polis non industri merupakan polis yang menanggung kerugian harta tidak bergerak.

Polis perhitungan kembali merupakan jumlah premi yang harus dibayarkan. Perhitungan polis dilakukan di akhir periode pertanggungan. Perhitungan dilakukan berdasarkan dengan rata-rata nilai deklarasi barang. Polis jenis ini dapat dikeluarkan untuk perkebunan, tangki penyimpanan minyak, tok, pasar, pabrik gula dan gudang. Jenis polis lainnya yang banyak digunakan oleh masyarakat adalah polis mengambang. Dibandingkan dengan polis sebelumnya, polis ini tidak memiliki pertanggungan yang jelas. Meskipun mengambang, polis mengambang memiliki batasan. Polis tidak akan dibebankan kepada objek yang berada di beberapa kota.

Polis penilaian memiliki nilai pertanggungan yang telah mendapatkan persetujuan dari kedua pihak, yakni tertanggung dan penanggung. Nilai premi dapat terjadi berdasarkan dengan harga pasar atau harga jual dari objek pertanggungan. Berdasarkan dengan ketentuan OJK atau Otoritas Jasa Keuangan, nilai premi yang telah ditentukan sekitar 0,76% hingga 4,5% dari harga rumah. Berikut jenis polis asuransi lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat:

1. Polis tanpa nilai

Polis ini dapat ditentukan berdasarkan dengan biaya pembangunan atau hargabeli yang dikurangi dengan penyusutan rumah secara wajar.

2. Polis pemulihan nilai

Bentuk pertanggungan ketika terjadi kerusakan akibat kebakaran dimana pergantian kerugian dilakukan berdasarkan biaya pemulihan. Untuk melakukan klaim terhadap asuransi ini, masyarakat harus melakukan prosedur yang benar. Berikut prosedur yang perlu dilakukan:

– Melaporkan peristiwa kebakaran dengan segera

– Membuat laporan kerugian

– Identifikasi polis

– Pemeriksaan klaim

– Hasil pengajuan klaim