320
Dalam beberapa hal, perempuan itu lebih ‘ribet’ daripada lelaki

RulaWoman, ketika kamu mulai menjajaki usia 20 tahunmu, tentunya akan banyak hal baru yang akan membuatmu ‘tersengat’. Maksudnya kamu akan mulai merasakan beban-beban baru. Apakah kamu merasa demikian RulaWoman? Memang, setelah menginjak usia 20-an, kamu akan merasa lebih bertanggung jawab pada semua aspek hidupmu. Terlebih ada berbagai tuntutan yang membuatmu merasakan waktu begitu sempit. Sehingga usia 20-an mu akan terasa semakin cepat lewat. Nah, apa saja sih tekanan dan beban itu, yang membuat para perempuan hampir selalu merasa cemas? Yuk deh diurai satu-satu, agar kamu bisa bijak menyikapinya.


1. What I Want and What I Must Do?

photo credit: violet fog


Ketika kecil dulu sungguh enak mendefinisikan cita-cita. Namun ketika beranjak dewasa, kamu akan kehilangan makna dari cita-cita. Kamu tidak akan habis pikir kenapa dulu sewaktu kecil, bisa semudah itu mendifinisikan cita-cita. Nah, terutama diusia 20-an akan ada banyak pilihan-pilihan. Tak jarang pilihan itu kompleks dan membuat kamu menimbang-nimbang kembali, apa yang mau saya lakukan dan apa yang harus saya lakukan? Kamu akan mulai membedakan antara idealisme dan rasionalitas, kamu juga akan paham makna prioritas. Ditahap ini kamu seperti benar-benar belajar, dan itu otodidak.

Bila kamu menemui banyak pilihan atau menemukan pilihan sulit, pilihlah. Sebab kamu memang harus memilih. Jangan ragu ketika memilih dan tanya pada hati kecilmu. Berkomplotlah dengan dirimu agar nanti tidak akan menyesali pilihan yang kamu buat.


2. Pekerjaan

photo credit: agustinasva


Yup, pekerjaan menjadi concern tidak hanya bagi lelaki tapi juga perempuan. Zaman sekarang, perempuan memiliki hak yang sama untuk bekerja selayaknya lelaki. Masalahnya, mencari pekerjaan itu susah dan saingannya banyak. Belum lagi kebanyakan pekerjaan mematok ‘lelaki’ sebagai syarat utama. Hal ini sering memicu stress juga pada perempuan sebab rata-rata perempuan memerlukan pijakan yang mantap. Not a free spirit type. Sehingga bekerja dan mencari kemapanan merupakan concern yang cukup penting.

Nah, bila kamu masih galau belum juga mendapatkan pekerjaan, jangan khawatir RulaWoman. Sekarang zamannya progresif, jadi kamu juga harus melakukan sesuatu yang baru dan lebih. Bila kamu masih berpikiran hidup mapan itu bersumber dari kerja tetap, maka mari melihat dari sudut pandang berbeda. Di zaman digital ini ada banyak ‘pekerjaan’ menggiurkan yang bisa kamu coba. Misal, blogger, vlogger, influencer dan masih banyak lagi. Pekerjaan itu selalu ada RulaWoman. Pekerjaan yang paling baik adalah yang diciptkan, bukan ditunggu.


3. Teman

photo credit: invibed


Semakin beranjak dewasa kamu akan lebih sering merasa senang sendirian dan kamu baik-baik saja akan hal tersebut. Pada fase ini, kamu menjajaki masa kemandirian. Kamu akan lebih sering merenung dan bertanya pada dirimu sendiri.

There isn’t wrong to being alone. Bukan berarti kamu tidak membutuhkan teman, tapi kamu butuh waktu untuk benar-benar mengenali dirimu sendiri. Mungkin teman-temanmu juga sedang merasakan hal yang sama.


4. Menikah

photo credit: wedding bells


Ini juga masalah pelik. Seringkali menjadi perempuan, terlebih perempuan Indonesia, menikah seperti diberi patokan umur. Misal, bila sudah nampak matang dan menginjak 20-an, maka pertanyaan seputar calon dan pernikahan mulai marak kamu dengar. Kamu, yang masih bingung mencari jati diri, ditambah mencari pekerjaan, kemudian mendapat pertanyaan seperti demikian, tentu akan membuatmu stress. Mungkin si penanya niatnya hanya murni bertanya, namun karena terlampau sering ditanyakan, kamu jadi merasa lelah dengan pertanyaan itu.

Kuncinya: jangan merasa tertekan! Tidak ada yang bisa kamu lakukan bila mengenai jodoh sebab itu kuasa yang memberi jodoh. So, take a peace and relax.


5. Waktu

photo credit: eGarden


Waktu seakan menghimpit. Ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, kini giliran jodoh yang harus kamu urusi. Setelah jodoh tamat, kamu akan mulai bertanya-tanya, sudahkan mimpi-mimpi pribadi saya telah saya wujudkan? Kamu seperti kehabisan waktu untuk mimpi-mimpi pribadimu. Padahal hal tersebutlah yang dulu, misalnya menjadi motivasi utamamu untuk rajin bekerja .

Kuncinya, don’t limit yourself RulaWoman. Waktu itu teman, bukan lawan. Kamu yang membuat waktu seakan menakutkan padahal dalam tiap detiknya dia selalu memberi kamu kesempatan.



Nah itu dia RulaWoman 5 masalah dasar yang sering dihadapi perempuan. Intinya, semua akan indah pada waktunya. Take your time. Semangat RulaWoman!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Masalah Dasar Perempuan dan Bagimana Kamu Harus Menyikapinya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar