24.9K
Seringkali setelah kencan pertama tidak ada kencan kedua? Ternyata tanpa sadar kamu melakukan hal-hal yang salah yang sebaiknya tidak kamu lakukan.

Kencan pertama sebenarnya bukan kencan, RulaWoman. Tapi episode perkenalan untuk melihat apakah kamu seperti yang dibayangkannya atau lebih. Jadi kencan pertama ini seperti layaknya kamu memasuki ruang interview, apakah lowongan pacar cocok untuk kamu?

Nah supaya kamu lolos untuk bisa menjadi kandidat kekasihnya, inilah 5 aturan dalam kencan pertama yang sebaiknya tidak kamu lakukan. Apa sajakah itu?

1. Kamu terlalu banyak mengeluh

Kencan pertama adalah kesempatan kamu untuk saling mengenal. Tapi kalau belum apa-apa kamu sudah mengisinya terus menerus dengan keluhan tentang pekerjaan kamu, orangtua kamu, dan hal-hal di kantor yang menjadi masalah kamu, jangan berharap akan ada kencan kedua ya RulaWoman.

Mungkin maksud kamu adalah untuk berbagi, tapi yang dilihatnya adalah kamu merasa butuh dikasihani dan kamu hanya akan menjadi beban tambahan baginya dan dunianya. Ouch!

Apa iya dalam hubungan kamu ingin berbagi beban? Bukankah lebih baik kamu berbagi kebahagiaan? Beban sebaiknya dibagi dengan orang-orang yang mencintai kamu tanpa kamu harus meminta. Bukan dengan seseorang yang baru kamu lalui kencan pertama dengannya. Tunjukan bahwa kamu adalah perempuan yang istimewa, bukan perempuan yang penuh masalah dunia.

foto sumber: huffingtonpost,com

2. Kamu selalu membicarakan mantan pacar kamu

Kalau kamu belum bisa move on, tanpa sadar kamu akan terus menerus membicarakan mantan pacar kamu. Dan ini jelas akan membuat si dia ilfil sekejab. Mungkin kamu nggak bermaksud dan hanya ingin berbagi cerita. Tapi mantan pacar adalah topik yang tabu, RulaWoman. Sama sekali nggak akan pernah boleh kamu bicarakan dengannya.

Laki-laki yang kamu ajak kencan akan merasa kamu membandingkannya dengan mantan kamu, dan kamu belum move on. Otomatis si dia akan mundur teratur dari hidup kamu, jadi jangan banget ya bicara tentang mantan pacar.

3. Kamu yang lebih banyak bicara tentang diri kamu

Kelemahan seorang perempuan adalah ia terlalu banyak bicara, untuk menunjukkan betapa hebatnya ia semata karena sebenarnya kamu gugup. Dalam gugup. manusia lebih suka mendengar untuk merespon atau menanggapi percakapan dan bukan untuk mendengarkan serta mengerti.

Segala macam bentuk pencapaian-pencapaian kamu seperti "Eh aku pernah begini, aku pernah begitu. Aku suka ini, aku suka itu," yang kamu pikir adalah usaha kamu untuk terbuka dengannya, it's a big No, RulaWoman. Wrong move!

Tunggu pertanyaan apa yang keluar dan yang ia ingin tahu dari kamu, barulah kamu menjawabnya dan bukan malah mengambil alih pembicaraan. Biarkan ia yang memimpin pembicaraan dan sesekali tanyakan tentang diri dan kepribadiannya. Biarkan ia yang bercerita banyak, maka ia akan merasa, kamu memperhatikannya.

foto sumber: lovepanky.com

4. Kata 'terserah' yang terucap

Jangan pernah mengucapkan kata terserah padanya ketika ia bertanya kamu ingin makan di mana. Ketika kamu mengucap satu kali saja kata terserah padanya, walau dengan maksud kamu ingin memberikan kebebasan padanya dan membiarkannya untuk memilihkan tempat kencan untuk kamu, it's a wrong move, RulaWoman.

Laki-laki sudah cukup pusing dan deg-degan untuk bisa tetap hidup melewati kencan pertamanya dengan kamu. Jadi, jangan tambahkan bebannya dengan berkata terserah ketika ia bertanya kamu ingin makan atau jalan-jalan ke mana.

Daripada berkata terserah, baiknya kamu berikan pilihan padanya. Mau makan nasi atau steak? Mau ke tempat yang jauh atau dekat? Mau ke tempat yang nyaman atau ramai? Dari pilihan itu berikan rekomendasi tempat makan yang kamu suka. Dengan demikian kamu malah membiarkannya untuk mengenal kamu lebih dekat dan dari sini justru kepribadian baik kamu terbaca.

5. Tawarkan diri untuk bayar sendiri-sendiri.

Walau kamu tahu ia yang mengajak kamu kencan, jangan sombong, RulaWoman dan berpikir si laki-laki lah yang harus membayar semuanya. Meskipun ia yang mengajak, bukan berarti kemudian kamu melupakan norma kesopanan dengan tidak menawarkan diri. Kalau ia menolak untuk kamu yang membayarkan, bagus! Artinya ia laki-laki sejati. Dan kamu malah bisa memanfaatkan situasi ini dengan berkata,"Ok, minggu depan aku yang bayar ya. Gantian."

Tanpa sadar, kamu sudah memastikan posisi kamu untuk kencan kedua dan kencan berikutnya itu ada untuk kamu. Dan kamu juga bisa memanfaatkan situasi ini untuk menjadikannya topik pembicaraan kamu hari berikutnya.

6. Social Media Exposure

Mulai dari makanan yang kamu makan, dan kata-kata pancingan yang menyertainya seolah kamu ingin memancing teman-teman kamu agar mereka bertanya kamu dengan siapa, ini adalah nggak banget RulaWoman. Kamu masih dalam tahap kencan pertama. Belum pacar loh. Jadi hargai privacynya dengan menghormatinya untuk tidak mengekspose diri kamu secepat mungkin di sosial media milik kamu.

Kalaupun kamu memiliki kesukaan untuk memfoto makanan apapun, tunda postingannya sampai sehari kemudian tanpa men-tag dirinya. Kecuali, ia yang terlebih dahulu melakukan hal itu.

Dan jangan lupa, matikan hp kamu atau masukkan dalam silent mode ya RulaWoman. Semata agar ia lebih merasa dihargai, daripada kamu yang setiap sebentar malah lebih memperhatikan hp. Kamu sendiri juga tidak ingin kalau si Dia sibuk melulu dengan hp-nya bukan?

foto sumber: someecards.com

7. Jangan lupa ucapkan terima kasih

Kesannya sepele, tapi ternyata hal ini sangat dihargai oleh laki-laki. Sesampainya kamu di rumah, tentunya setelah ia mengantar kamu pulang, maka ucapkanlah terima kasih dan katakan padanya kalau kamu merasa senang. Jangan lupa tanyakan padanya apakah ia sudah sampai di rumah, dan ucapkan selamat malam.

Kadang perempuan seringkali lupa akan etika sederhana seperti ini dan langsung tertidur setelah melewati malam kencan yang indah. Padahal, laki-laki sangat berharap usahanya dihargai dengan kemudian mendapatkan text dari kamu seperti ini loh RulaWoman. Jadi jangan lupa ucapkan terima kasih ya?

Nah RulaWoman, apa kamu punya pengalaman pribadi tentang hal-hal yang sebaiknya jangan dilakukan kala kencan pertama? Yuk share pengalaman kamu di sini.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Aturan Dalam Kencan Pertama Yang Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan. Apa Sajakah Itu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar