3K
"The hardest work of all is to do nothing."
(sumber: Giphy.com)

Kamu baru lulus dan belum punya pekerjaan? Atau baru saja keluar dari pekerjaan yang kamu tidak suka dan belum mendapat panggilan kerja baru? Merupakan hal yang wajar jika kamu merasa sangat tidak produktif dan tidak tahu harus melakukan apa untuk mengisi waktumu yang sangat luang. Nah, buat kamu yang lagi nganggur, ini dia 7 hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luangmu!

1. Menjadi pekerja sukarela

Saat kamu sedang tidak punya pekerjaan tetap, kamu bisa menggunakan kesempatan ini untuk menjadi pekerja sukarela, apalagi untuk perkara yang menarik perhatianmu. Walau banyak yang menawarkan program volunteering berbayar, banyak juga pekerjaan sukarela yang bisa kamu lakukan secara cuma-cuma. Selain berguna bagi banyak orang, kamu juga akan menenangkan hatimu dengan melakukan kebaikan.

2. Berjualan online

Tentu saja ketika menganggur, fakta yang paling menyedihkan adalah tidak adanya aliran penghasilan. Nah, kamu bisa memanfaatkan media online untuk berjualan. Coba lihat sekelilingmu, cari inspirasi, ada nggak ya yang bisa dijual? Apakah barang bekas layak pakaimu, ataupun barang-barang yang sepertinya bakal hits di pasaran? Segera rencanakan dan eksekusi rencana bisnismu. Nggak ada yang tahu kan kalau kamu bisa berhasil jadi entrepreuner berkat berjualan online?

3. Menulis

foto sumber: careers.cosmopolitan.com

Menulis adalah salah satu cara untuk tetap produktif meski sedang menganggur. Kamu punya blog? Bagus, berarti kamu bisa menumpahkan ide-idemu yang selama ini tak sempat kamu salurkan dalam tulisan di blogmu. Nggak punya dan daridulu sebenarnya mau buat? Ayo buat sekarang! Apalagi jika kamu punya keinginan terpendam untuk mengarang buku, mungkin ini saatnya untuk memulai! Siapa tahu menulis bisa jadi sumber penghasilanmu!

4. Meningkatkan skill

Kamu punya skill yang ingin kamu kembangkan? Atau ingin menambah sertifikasi? Gunakan waktu luangmu ini untuk mengikuti kursus atau pelatihan. Sekarang banyak lho kursus online yang tidak memungut biaya. Yuk, dimanfaatkan sebaik-baiknya. Dengan skill-skill barumu, kamu bisa meningkatkan kualitas CV-mu juga, lho!

5. Menjadi Freelancer

Kamu punya keahlian yang bisa dimanfaatkan orang lain? Daripada diam-diam saja, kamu bisa memanfaatkan situs-situs online yang dirancang khusus untuk mempertemukan para freelancer dengan orang-orang yang membutuhkan jasa mereka. Kamu tinggal mendaftar sebagai freelancer dan mencari proyek-proyek yang sesuai dengan keahlianmu. Dengan begitu, kamu bisa memanfaatkan waktumu dan memperoleh tambahan penghasilan selama menganggur. Asyik, kan?

6. Rutin Berolahraga

Mungkin selama bekerja kamu tidak sempat untuk benar-benar berolahraga. Di saat yang luang ini, apa salahnya kamu rajinkan dirimu untuk membangun kebiasaan berolahraga dan membentuk tubuh yang selama ini kamu idamkan. Alhasil saat nanti kamu mulai bekerja lagi, kamu akan jauh lebih percaya diri dengan tubuhmu sudah sehat dan bugar. Staminamu pun akan mendukungmu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang menguras tenaga maupun otak.

7. Manjakan Dirimu!

Nggak punya pekerjaan bukan berarti kamu harus uring-uringan sendiri. Daripada menumpuk stress karena belum dapat pekerjaan, kamu wajib memanjakan dirimu! Mungkin ini saatnya kamu melakukan movie marathon atau book marathon seperti yang kamu idam-idamkan. Atau kamu bisa melakukan travelling ke tempat-tempat yang selama ini kamu inginkan. Punya bucketlist? Bisa jadi ini saat yang tepat untuk melakukan semua hal yang kamu tulis di bucketlistmu!


RulaWoman, itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk memanfaatkan waktu luangmu selama menganggur. Jangan biarkan produktivitasmu menurun hanya karena sedang tak ada pekerjaan. Ingat! Jangan keasyikan bermalas-malasan dan malah terjebak di zona nyaman!

Yuk, terus semangat berburu pekerjaan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan Menganggur? Tetap Produktif dengan Melakukan 7 Hal Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Michele Gracia | @michelegrc

Creative Writing & Visual Design Enthusiast. Self Love Practitioner. A mad part time blogger on www.gegegila.com. Occasionally release my narcissism on instagram @gegegrc.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar