324
Terkadang butuh ketegasan dalam bilang tidak.

RulaWoman punya kesulitan menolak permintaan teman atau orang di sekitar? Biasanya kalau ajakannya ramai-ramai, atau dimintain tolong sama orang yang mukanya kasihan pastinya akan bikin kamu di kondisi susah bilang "tidak". Ada juga yang beralasan karena terlanjur gengsi makanya mengiyakan saja apa yang ditawarkan si penawar. Padahal RulaWoman, daripada berujung penyesalan, lebih baik belajar untuk berkata tidak jika hatimu memang berkata demikian. Lagipula setidaknya ada 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan loh kalau berkata tidak di saat yang tepat.

1. Bisa berhemat uang dan waktu

photo credit: pixabay

Kondisi dompet yang pas-pasan bikin kamu jadi lebih ketat dalam mengeluarkannya. Tapi di saat yang sama, geng kamu mengajak pergi ke Museum Macan di akhir pekan, dilanjutkan ke Grand Indonesia dan makan siang di Paulaner Bauhaus. Hayo RulaWoman, kondisi ini pasti menggoda kamu untuk having fun bareng mereka di tempat yang keren seperti itu. Kalau kamu ingat kembali kondisi keuangan kamu yang sudah menipis, kamu harus berani dan ikhlas berkata TIDAK!

2. Supaya orang lain tahu apa yang tidak kita inginkan/sukai

Kalau diajakin makan, kamu selalu bilang iya. Walaupun maksud kamu adalah menghargai ajakan mereka tapi ini bisa jadi bumerang untuk kamu sendiri. Bisa saja suatu waktu kamu diberikan makanan atau hadiah yang tidak kamu sukai. Ujung-ujungnya jadi bohong sama diri sendiri dan orang lain, bukan?

3. Bisa punya lebih banyak waktu untuk menyelesaikan target diri

photo credit: pixabay

Di saat mereka jalan-jalan dan senang-senang, kamu bisa melakukan sesuatu yang selama ini harus kamu lakukan, misalnya beres-beres kamar atau mencari tambahan dengan melakukan freelance. Uang tidak jadi keluar untuk senang-senang malah dapat tambahan pemasukan, lumayan kan RulaWoman?

4. Terhindar dari hal yang tidak kita butuhkan

Kalau ini lebih ke penawaran seperti asuransi atau ditawari beli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan atau sebenarnya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah kalau membeli di tempat lain. Kalau misalnya sedang tidak butuh dan tidak buru-buru, kamu harus tegas menolak tawaran-tawaran seperti ini. Tidak perlu gengsi untuk menolak hal yang memang tidak sesuai dengan keinginan kamu.

5. Belajar punya prinsip

photo credit: pixabay

Penting bagi kamu untuk punya prinsip. Jangan karena diajak teman, kamu yang semula sudah bilang tidak malah berubah menjadi iya. Efeknya mungkin belum begitu terasa kalau kamu masih bersekolah, tetapi akan mulai berdampak dalam dunia kerja ataupun yang menjalani bisnis. Bagaimana rekanan atau klien kamu bisa percaya padamu kalau omonganmu dengan mudahnya bisa berubah.

BACA JUGA


Gengsi Tak Akan Membawamu Kemanapun! Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Tegas Pada Diri Kamu Sendiri

Gengsi Tak Akan Membawamu Kemanapun! Ini 5 Alasan Mengapa Kamu Harus Tegas Pada Diri Kamu Sendiri

Ketika kamu lunak pada dirimu, maka kehidupan akan keras padamu. Sebaliknya ketika kamu keras pada dirimu, suatu ketika hidup akan lunak ...

Read more..

Yuk belajar untuk menjadi pribadi yang lebih tegas RulaWoman. Katakan YA ketika memang ingin, katakan TIDAK bila kamu memang tidak mau.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Dengan Belajar Tegas untuk Bilang TIDAK, RulaWoman Bisa Mendapat 5 Manfaat Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Interested with food, traveling, design, comedy-romance, and my "Y"

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar