973
Teman baik itu, tidak menghakimi. Dan teman yang baik bukan hanya sekedar kepo, namun juga menunjukkan kepeduliannya padamu.

Mempunyai banyak teman itu anugerah, RulaWoman, mereka menyenangkan dan tentu membuat hari kamu lebih berwarna. Tapi, ada loh beberapa teman yang membuat kamu kesal, seakan dia tahu luar dalam mengenai diri ini.

RulaWoman, seharusnya teman yang baik itu tidak menuntut kamu seperti keinginan mereka, iya kan? Kamu pernah mempunyai teman seperti ini?

Yeah, RulaWoman, ini loh beberapa teman yang peduli kepada kamu bukan sekadar “kepo” dengan kehidupan kamu. Karena teman baik, itu layaknya kekasih.


Menanyakan kabar bernilai positif

Menanyakan Kabar Bernilai Positif - photo credit: pexels.com
photo credit: pexels.com

Kalau dia teman baikmu, dia akan menanyakan hal bernada positif. Mendoakan terbaik bagi kebaikanmu, bukan justru mencela atas apa yang terjadi kepadamu. Terkadang, seseorang menyakan kabar kamu dan mencela, karena dia memiliki masalah dan butuh seseorang yang disalahkan. Apabila kehidupan kamu tidak berjalan pada semestinya, ia akan mencela pada titik tersebut hanya agar emosinya terlampiaskan.

Pernahkah kamu ditanya “Kapan lulus?”,”Kapan nikah?” dan seterusnya? Padahal apabila dia teman baikmu, dia akan mendoakan, bukan sekadar bertanya saja. Apalagi menyudutkanmu dan membuatmu kesal karenanya. Padahal pada posisi tersebut, kamu sudah mendapatkan pertanyaan serupa berkali-kali, kenapa dia yang mengaku teman baikmu, menanyakan hal serupa?



Memberi nasihat yang baik

Memberi Nasihat Yang Baik - photo credit: pexels.com
photo credit: pexels.com

Memberikan nasihat yang baik adalah ketika kamu meminta dan membutuhkan nasihat tersebut. Apabila kamu tahu apa yang sedang kamu lakukan, bukan sebuah kesalahan yang butuh nasihat berlebih, dan teman baikmu memberikan nasihat itu tidak baik. Karena kamu sudah tahu dengan jalan yang kamu pilih, baik risiko dan hal lainnya. Teman baikmu, tidak akan memberikan nasihat yang sebenarnya sudah kamu ketahui. 



Tidak banyak menuntut

Tidak Banyak Menuntut - photo credit: pexels.com
photo credit: pexels.com

Ketika kamu melakukan sesuatu, dia banyak menuntut dan menghakimi bahwa apa yang kamu lakukan salah. Karena pada dasarnya, ketika kamu memilih jalan yang kebanyakan orang tidak pilih, kamu akan terlihat aneh dan terlihat salah. Apabila dia benar-benar teman baikmu, dia akan memahami hal itu dan tidak akan menuntut apalagi menyalahkanmu.



Memahami keadaan dan prinsip hidupmu

Memahami Keadaan Dan Prinsip Hidupmu - photo credit: pexels.com
photo credit: pexels.com

Sebagai teman baikmu, dia tahu bagaimana keadaanmu, apa prinsip hidupmu dan dia akan menghargai itu. Dia tidak akan membandingkan kehidupannya dengan kehidupanmu. Dia tahu, bahwa kehidupanmu bukan kesalahan dan begitu pula dengan kehidupannya. Dia akan mendoakan yang terbaik untukmu, memberikan perhatiannya pada doa-doanya. Bukan justru mengingatkanmu akan hal-hal sensitif yang justru melukaimu.



Meminta maaf

Meminta Maaf  - photo credit: pexels.com
photo credit: pexels.com

Meminta maaf bukan melulu karena sebuah kesalahan, teman baikmu tak akan segan meminta maaf ketika ia salah dan ketika ia beranggapan permintaan maaf itu perlu dilakukan. 

Nah RulaWoman, apa kamu sekarang sudah bisa membedakan mana teman yang tulus dan hanya yang kepo? Kelilingilah hidup kamu dengan teman-teman yang akan senang melihat kamu maju, dan bukan sebaliknya. Kamu nggak perlu kok berteman dengan teman-teman toxic seperti itu. Jangan-jangan, justru mereka yang menghambat kesuksesan kamu.

Semoga bermanfaat ya RulaWoman.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Hati-hati, RulaWoman, Bisa Jadi Temanmu Hanya Kepo Bukan Peduli! Ini Loh Perbedaannya.". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Wulan Kenanga | @wulankenanga

Penulis Melankolis | Bloger | Pekerja Serabutan

www.wulansari.net

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar