725
Sering merasa kalau hidup kamu begitu-begitu aja? Kamu ingin perubahan tapi nggak tahu bagaimana caranya? Jangan khawatir RulaWoman, ternyata ada cara yang sederhana agar kamu bisa memiliki penghidupan yang lebih baik.

Sebagai seorang Kartini Millenials, kamu harus bisa membuat perubahan. Dan perubahan itu bukan berarti kamu harus menciptakan obat penyembuh kanker yang akan merubah peta kedokteran, atau mencegah pemanasan global. Kamu juga nggak dituntut untuk bisa menjadi seorang IT handal yang menciptakan sebuah aplikasi sehingga bisa membantu banyak orang, atau memiliki ide-ide cemerlang lain yang luar biasa.

Perubahan itu dimulai dari kamu, RulaWoman. Dan kamu sudah bisa membantu dunia dengan menjadikannya tempat tinggal yang lebih baik untuk diri kamu sendiri. Dengan membuat diri kamu bahagia, artinya kamu tahu kalau kamu berharga, sehingga kamu bisa membuat perbedaan.

Nah untuk kamu yang masih merasa kalau hidup kamu itu-itu saja, sepertinya tidak ada perubahan yang lebih berarti, maka inilah yang bisa kamu lakukan, agar kamu bisa merubah hidup kamu.

1. Tuliskan apa yang benar-benar kamu mau

Keinginan itu adalah doa. Dan kamu harus menyebutkannya secara spesifik apa yang benar-benar menjadi keinginan kamu. Jangan hanya sekedar ingin memiliki jodoh, hidup bahagia, kaya raya dan lain-lain. Tapi ungkapkan secara spesifik apa yang kamu inginkan, lengkap dengan alasannya kenapa. Kalau kamu sendiri tidak tahu apa yang kamu inginkan, bagaimana Tuhan bisa mengabulkan keinginan kamu?

Keinginan yang dikabulkan oleh Tuhan, biasanya adalah doa yang tidak terucap, yang tidak diperuntukkan untuk diri sendiri, namun demi kebahagiaan orang lain. Kira-kira apa doamu yang berisi keinginan untuk bisa bermanfaat bagi orang banyak, RulaWoman?

photo credit: inspiringwoman.co.za

2. Perubahan dimulai dari kamu, bukan orang lain, RulaWoman

Kalau kamu berharap suatu keajaiban akan mucul sementara rutinitas yang kamu lakukan adalah itu-itu saja, maka jangan pernah berharap hasilnya akan berbeda. Lakukan satu saja perbedaan hari ini, RulaWoman. Misalnya dengan bangun lebih pagi, menyiapkan bekal untuk makan ke kantor, dan lain-lain. Buatlah satu perbedaan khusus yang walaupun kecil, namun kamu tahu ada artinya buat kamu.

Semua dimulai dari diri kamu, dan satu perubahan kecil yang kamu buat hari ini RulaWoman. Dan perubahan ini juga tentang diri kamu, yang kamu tahu, akan membuat kamu menjadi seseorang yang lebih baik.

3. Buatlah jadwal baru dan disiplin dengan jadwal yang kamu buat

photo credit" yogadigest.com

Coba kamu perhatikan baik-baik, bagaimanakah rutinitas kamu kesehariannya? Apakah random saja atau teratur tapi membosankan? Cara kamu menjalani hari dan memulainya, akan berimbas pada bagaimana hari kamu akan berjalan. Untuk itu kamu harus membuat jadwal baru.

Tambahkan satu waktu, di mana kamu bisa duduk dalam hening menikmati suasana sekitar kamu tanpa gadget. Mulai dengan 5 menit sampai 15 menit, dan berakhir dengan kemampuan kamu untuk sedikitnya 3 kali 30 menit dalam sehari, menikmati waktu hening kamu sendiri.

Sekeliling kamu boleh berisik, namun dengan kamu bisa memperhatikan sekeliling kamu, kamu meningkatkan diri kamu dengan apa yang disebut sebagai awareness, yang bertujuan bisa meningkatkan kepekaan kamu terhadap lingkungan sekitar kamu. Dengan kamu menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar kamu, lihatlah perubahan ajaib yang terjadi padamu.

4. Olah raga dan temukan teman baru kamu

Kapan terakhir kali kamu berolah raga, RulaWoman? Sudah rutinkah kamu berolah raga? Nggak hanya untuk sehat dan mengecilkan badan, namun olahraga juga akan membuat kamu lebih bahagia karena hormon oxitosin, dopamin, dan serotonin, si trio hormon bahagia, akan bereaksi dan membantu kamu meningkatkan mood kamu.

Kalau kamu bahagia, maka kamu akan lebih produktif untuk bekerja, dan hari-hari kamu akan terasa lebih menyenangkan. Dan ajaibnya olah raga juga akan membantu kamu untuk mengusir depresi kamu. Apalagi kalau kamu bergabung dalam suatu komunitas, kamu akan bertemu dengan orang-orang baru yang berpikir positif, dan membantu kamu dalam pertemanan sehat.

Mungkin tanpa sadar kamu ternyata berada dalam lingkungan yang penuh dengan teman-teman toxic. Coba sortir kembali teman-teman kamu, dan ganti dengan pertemanan sehat yang jelas akan mendukung kamu.

5. Belajar kembali, passion kamu akan mati kalau kamu nggak beri nutrisi

photo credit: seasonways.com

Seorang teman bercerita kalau atasannya yang berusia 40-an memutuskan untuk kembali ke bangku sekolah dan mengambil gelar S-3-nya di Paris. Padahal atasannya ini adalah pemilik perusahaan kurir terbesar di Indonesia, yang jelas udah sukses banget, tetapi ia merasa perlu untuk belajar kembali. Bukan hanya untuk mengembangkan bisnisnya, namun menambah wawasannya sendiri mengenai apa yang tengah berlangsung saat ini di dunia ekonomi.

Belajar sesuatu yang baru nggak akan terbatas pada usia. Kamu sendiri justru yang memiliki potensi untuk membatasi diri kamu sendiri dengan alasan-alasan untuk tidak belajar kembali. Padahal dengan menghadiri workshop, atau pelatihan-pelatihan penambah talenta, kamu hanya akan menambah kualitas kamu sebagai seorang manusia.

Banyak pekerja yang memilih untuk mematikan pssionnya demi bekerja 9-5 untuk gaji penyambung hidup, dan berdalih kalau mengejar passion tidak akan membayar tagihan. Mungkin saat ini benar, namun kamu tentunya tidak ingin melihat ke belakang dan menyesali passion kamu yang sudah mati karena tidak kamu beri nutrisi.

Mengejar impian hanyalah keberanian yang dimiliki sedikit orang, namun bukan berarti ada kata terlambat walau usia kamu sudah menua. Selagi kamu memiliki banyak peluang dan kesempatan, nggak ada salahnya kamu belajar kembali di sela-sela kesibukan kamu, dan mengisinya dengan belajar kembali tentang hal apapun yang kamu tahu akan membawa manfaat bagimu.

Lagipula, hidup dengan penyesalan bukanlah hidup impian. Dan kalau memang kamu ingin merubah sesuatu, semuanya dimulai dari kamu.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Kamu Nggak Harus Menunggu, Begini Loh Kartini Millenials Bisa Merubah Hidupnya #JurnalKartini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Maharani Adinata | @RaniAdinata

A genuine Scorpio with the love of music, books, chocolate cake and a cup of tea.

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar