3.8K
Ternyata 5 hal sederhana inilah yang membuat pernikahanku langgeng tanpa konflik hingga detik ini.

Dalam tantangan #LoveJournal kali ini, aku ingin menceritakan 5 hal sederhana yang baru aku sadari dalam satu minggu ini. Aku dan pasangan sudah bersama selama 11 tahun dan kami menikah ketika berumur masih belasan tahun. Banyak kritikan pedas tentang umur pernikahan kami yang akan bertahan hanya seumur jagung. Yah, tanpa kamu sadari, menikah muda adalah tantangan. Menikah bukanlah akhir dari kisah cintamu dengan si dia, tetapi menikah adalah awal kehidupan untuk melihat tantangan dunia yang sebenarnya. Selama ini, aku juga tidak pernah menyadari, bahwa aku dan pasangan melewati semua tantangan dalam pernikahan dengan hal sederhana yang mungkin tidak banyak orang tahu. Ternyata 5 hal sederhana inilah yang membuat pernikahanku langgeng tanpa konflik hingga detik ini.

1. Menjadi pendengar yang baik

Photo Credit : Mid-Day

Ketika kamu mencari pasangan, carilah seseorang yang mampu mendengarkan semua keluh kesahmu. Selama ini, aku dan pasangan memiliki ritual unik sebelum kami tidur. Aku dan pasangan harus menceritakan semua aktivitas yang kami kerjakan, hingga pekerjaan ibu rumah tangga yang sebenarnya memiliki inti cerita yang sama. Tetapi pasangan tetap mendengarkan dan memberikan solusi atas masalah yang sedang aku hadapi, begitu juga sebaliknya.

Ingat, menjadi pendengar yang baik adalah sebuah kebutuhan penting bagi setiap pasangan yah, Rulawoman!

2. Makan sepiring berdua

Photo Credit : Lettadiva

Ini merupakan hal biasa yang aku jalani dengan pasangan, makan sepiring berdua. Selama satu minggu ini, aku baru menyadari, jika hal yang terlihat sepele ini memiliki makna yang sangat dalam untuk hubungan pernikahan kami. Hal yang harus kamu tahu, ketika makan dalam satu piring bersama dengan pasangan, kamu akan merasakan kenyamanan, mampu saling berbagi, kompak, memiliki niat yang sama dan akan merasa kehilangan satu sama lain dibandingkan ketika kamu makan sendiri-sendiri, nih!

Ingat, makan sepiring berdua bukan hanya soal romantis atau pelit. Tetapi, kebiasaan ini membuat ikatan kamu dan pasangan bisa semakin kuat loh, Rulawoman!

3. Bersahabat dengan pasangan

Photo Credit : Lettadiva

Bagaimana rasanya ketika kamu bersama sahabat? Pastinya nyaman dan kamu bisa menjadi diri kamu sendiri. Bagi aku, pasangan adalah sahabat terbaik yang aku miliki. Terlihat sepele, tetapi sangat berarti ketika kamu menyadari tentang keutuhan sebuah rumah tangga. Aku dan pasangan bahkan tidak canggung ketika menceritakan lawan jenis yang membuat kami tertarik. Kami juga sering menceritakan kekurangan dari pasangan hingga tentang berat badan sekalipun. Perlu diingat, stabilkan emosi ketika kamu bersahabat dengan pasanganmu. Jika kamu ingin pasangan merasa nyaman, nggak perlu emosi ketika pasangan menceritakan perasaannya. Cukup dengarkan dengan kepala dingin dan cari solusi yang bisa enak didengar dan mudah dipahami satu sama lain.

Hal kecil yang terlihat tabu ini bisa membuatmu lebih mengetahui apa yang sebenarnya pasangan inginkan. Kamu bisa terus belajar dan intropeksi diri atas kekurangan yang dimiliki, ini bisa menjadi alasan utama membuat hubungan pernikahanmu menjadi langgeng. Harus dicoba nih, Rulawoman!

4. Konflik 1 hari selesai

Photo Credit : radiopanamericana

Setiap pasangan pasti memiliki masalah, nggak ada pasangan yang bersih dari konflik dalam kehidupan pernikahannya. Ketika awal menikah manis-manis saja, hati-hati dalam 3-4 bulan ke depan akan banyak masalah secara bertubi-tubi datang dalam kehidupan kalian. Jangan takut dan jangan menyerah yah! Semua pasangan mengalaminya, tetapi aku dan pasangan memiliki hal unik setiap kami memiliki masalah. Apapun konfliknya sebelum matahari terbit, masalah kemarin tidak boleh dibawa untuk esok hari. Sepele yah, tapi kok susah! Nggak susah kok, ketika kamu beradu argumen dengan pasangan, berhentilah! Pergilah menyendiri satu sama lain tanpa keluar dari rumah yah! Kalo tempat favoritku adalah kamar mandi, ketika marah dan sedih aku selalu masuk ke dalam kamar mandi dan berendam atau duduk di bawah shower. Menurutku bisa mengurangi emosi ketika aku sedang kesal, setelah itu kami baru menyelesaikan masalah dengan kepala dingin.

Ingat, selalu hindari memecahkan masalah ketika kamu dan pasangan masih merasa memiliki ego masing-masing. Tetapi, selalu beri jangka waktu yang singkat untuk tidak membuat masalah tersebut hidup dan berkembang karena kamu dan pasangan tidak mau menyelesaikannya hari ini.

5. Kalimat sakti

Photo Credit : shutterstock

Memberi sebuah ungkapan sakti ketika baru menikah adalah hal yang mudah, tetapi tidak berlaku untuk pasangan yang sudah menjalani beberapa tahun pernikahan. Ritual wajib yang aku dan pasangan lakukan adalah tidak pernah lupa memberikan ungkapan sakti seperti I love you, i miss you, maaf, terima kasih, tolong dan masih banyak lainnya. Terlihat sepele, tetapi setiap ada kesempatan untuk berbicara, aku dan pasangan tidak pernah lupa akan ungkapan sakti meskipun ketika ingin tidur.

Mengungkapkan perasaan memang terlihat memalukan dan menjatuhkan harga diri bagi sebagian orang. Tetapi tanpa kalimat sakti ini, hubungan pernikahan bisa menjadi tidak harmonis, memiliki kubu antar pasangan dan berakhir perpisahan. Jadi, jangan malu untuk mengungkapkannya yah, Rulawoman!

BACA JUGA


#LoveJournal dalam 7 hari ini membuat aku sadar, ternyata memiliki pernikahan langgeng yang aku dan pasangan jalani terdiri dari hal sederhana yang berdampak besar bagi pernikahan kami. Semoga kamu yang ingin merencanakan pernikahan bisa mencoba hal sederhana ini dan membuat pernikahanmu langgeng. Selamat mencoba yah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "11 Tahun Menikah, Inilah 5 Hal Sederhana yang Saya dan Suami lakukan Setiap Hari Jadi Kunci Tetap Mesra". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Letta diva | @Vinaleta

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar