2.8K
Memilih sampo yang cocok bukan dari coba-coba tapi bisa ditentukan dari jenis rambutmu. Kamu sudah tahu belum jenis rambutmu?

RulaWoman, sekarang ini ada banyak sekali produk-produk kosmetik. Tidak hanya untuk tubuh dan wajah, tapi juga untuk rambut. Banyaknya produk-produk itu bagus sih, karena kamu jadi memiliki banyak pilihan. Tapi yang namanya perempuan, paling lama kalau disuruh memilih. Padahal untuk kebutuhan kecantikanmu itu pantang coba-coba loh RulaWoman. Salah-salah malah memicu kerusakan. Nah umumnya selain kulit, kerusakan atau masalah rambut menjadi hal serius bagi perempuan. Misalnya, rambut rontok, ketombean, bercabang, rapuh dan masih banyak lagi. Nah loh, pasti ganggu kan? Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memilih sampo yang sesuai. Untuk itu, Rula mau kasih tahu cara memilih sampo yang cocok berdasarkan jenis rambutmu. Yuk disimak, biar tidak salah-salah lagi!


1. Rambut Kering

photo credit: the times

Apakah kamu si rambut kering? Rambut kering umumnya ditandai dengan rambut yang tampak kusut dan terasa kering. Biasanya nih kalau kamu memiliki tipe kulit kering, rambut kamu juga kering karena kondisi kulit kepala tidak beda jauh dengan kondisi kulit. Nah bila kondisimu sesuai dengan tanda-tanda rambut kering, kamu harus memilih sampo yang bersifat melembabkan. Bila belanja sampo, baca komposisinya dan cari yang mengandung cetyl alcohol dan atau stearyl alcohol yang mampu melembabkan serta silikon yang memberi efek berkilau dan lembut.


2. Rambut Berminyak

photo credit: reader's digest

Nah kalau rambut jenis ini ditandai dengan rambut yang tampak greasy meskipun baru dua hari dicuci. Selain itu rambut juga gampang lepek dan ketombean. Sama seperti kasus rambut kering bila kulit kamu cenderung berminyak maka kulit kepala kamu pun demikian. Hal tersebut berarti rambut kamu juga akan berminyak. Untuk itu, agar rambut kamu tetap segar, kamu harus rajin-rajin keramas. Nah dalam memilih sampo, kamu harus aware dengan keseimbangan pH. pH kulit kepala berkisar pada angka 5, maka kamu harus mencari sampo yang memiliki pH yang sama dan tidak mengalami fluktuasi. Kenapa pH-nya harus stabil dan cenderung sama? Sebab pH yang tidak stabil akan membuat folikel rambut menjadi rapuh. Bila kamu harus sering keramas dan samponya memiliki pH berbeda-beda, maka folikel rambut kamu akan semakin rapuh dan rambutmu menjadi tipis.


3. Rambut Keriting

photo credit: elle UK

Nyatanya rambut keriting memiliki perlakuan khusus sebab tipe rambut keriting memiliki karakter yang berbeda. Umumnya tipe rambut keriting lebih bervolume ketimbang tipe rambut lurus atau berombak. Oleh sebab itu, ketika keramas kamu harus memastikan bahwa nutrisi sampo sampai ke akar rambut. Nah untuk itu pilihlah sampo yang kaya kandungan protein agar nutrisi tersebut terserap sempurna hngga akar rambut.


4. Rambut Diwarnai

photo credit: good house keeping

Rambut diwarnai juga perlu perlakuan khusus agar proses pewarnaanmu tidak sia-sia. Nah untuk itu, pilihlah sampo yang sulphate free agar warna rambutmu tidak mudah luntur. Selain itu, pastikan kalau sampo yang kamu pakai adalah sampo khusus untuk rambut diwarnai.


5. Rambut Styling

photo credit: new look institute

Rambut yang sering dicatok, di-curly, perm dan lain sebagainya tentu rawan terhadap kerusakan. Oleh sebab itu, rambut tipe ini perlu perhatian dan perlakuan khusus. Salah satunya dengan memilih sampo yang mengandung dimethicone yang mampu melembutkan rambut serta gunakan natural oil seperti minyak kelapa untuk memperbaiki rambut kering. Tambahkan pula dengan penggunaan hair mask secara rutin untuk menutrisi rambutmu secara ekstra.


6. Rambut Normal

photo credit: style craze

Harus banyak-banyak bersyukur kalau kamu punya tipe rambut ini. Rambutmu tidak terlalu berminyak sehingga tidak perlu sering-sering keramas pun tidak kering sehingga harus picky dalam memilih sampo. Namun bukan berarti kamu bebas gonta-ganti sampo. Kamu lebih baik memilih sampo dengan kandungan yang ringan dan sedikit bahan kimia. Bila rambutmu normal tapi sering rontok, tandanya kulit kepalamu iritasi. Solusinya bisa kamu massage dengan tea tree oil.

Nah itu dia cara memilih sampo berdasarkan jenis rambutmu. Semoga membantu ya RulaWoman.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rambut Sering Rontok dan Ketombean? Begini Cara Pilih Sampo yang Cocok Sesuai Jenis Rambutmu!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


qurrotu ainiputri | @ainiputri

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar