543
Kata Dilan (Film Dilan 1990), kangen itu berat. Tetapi nyatanya ada hal yang seringkali berat dilakukan dan sumbernya dari diri sendiri.

Namanya hidup pasti ada cobaannya. Seringkali kamu mengeluh karena merasa keadaan dipersulit oleh pihak lain, misalnya saja kamu sering diberikan tugas yang banyak dari bos atau kamu yang masih kuliah diberikan banyak tugas yang sulit dan merepotkan. Sebenarnya tidak usah jauh-jauh menyalahkan orang lain, sebab masalah itu bisa saja bersumber dari diri sendiri. Coba yuk refleksikan diri, sudah sampai tahap mana kamu mengatasi kesulitan yang lebih "berat" dari kangen.

Berdamai dengan diri sendiri

Berdamai dengan diri sendiri berarti menerima segala kekurangan dan kelebihan dengan rasa syukur. Misalnya saja kamu pendek, anggaplah kamu mendapat bonus younger looks, atau mata kamu sipit dan beralis tipis, sekarang teknik dan perlengkapan make-up sudah modern jadi tidak perlu khawatir tentang itu. Yang kamu butuhkan adalah menerima segala yang ada dengan penuh percaya diri.

Tentunya tidak mudah untuk mencapai tahap ini, apalagi seorang perempuan biasanya cukup sensitif dengan hal yang menyinggung fisik. Tapi memikirkan manfaat jangka panjang yang bisa kamu peroleh, tentu saja hal ini layak untuk kamu coba.

Menerima kritikan

Walaupun dari kecil sudah sering diajarkan untuk bisa menerima kritikan, nyatanya tidak semua orang mampu melakukannya. Apalagi ketika sudah menyandang background pendidikan yang tinggi dan merasa superior biasanya tidak mudah menerima kritikan orang yang lebih rendah background-nya. Bila kamu sudah berdamai dengan diri sendiri, kemungkinan kamu menerima kritikan dengan lebih santai akan lebih besar, karena kamu menyadari memang tidak ada manusia yang sempurna, yang ada hanya manusia yang berjuang menjadikan hidup lebih baik.

Mengubah kebiasaan buruk

Berapa dari kamu punya niat untuk diet dan olahraga tapi tidak bertahan lama? Tidak hanya itu, terkadang mengubah kebiasaan malas ke diri sendiri saja butuh waktu, seperti malas bersihin kamar kalau berantakan, malas mengerjakan tugas, dan berbagai kemalasan lainnya yang ujung-ujungnya berdampak buruk pada dirimu. Mengubah kebiasaan menjadi lebih baik memang tidak mudah. Butuh sekitar 3 bulan agar flow-nya menjadi sebuah kebiasaan. Yang bisa berhasil berubah lebih cepat dari 3 bulan biasanya dibutuhkan tekad yang bulat dan kuat.

Belajar hal baru atau keluar dari comfort zone

Orang yang paling semangat sekalipun pastinya ada merasa grogi kalau dihadapkan dengan hal yang baru. Belajar hal baru sama halnya dengan keluar dari comfort zone kamu, mungkin di masa-masa itu kamu akan merasa tidak nyaman menjadi seorang yang "bodoh" dan tidak tahu banyak dan harus rendah hati belajar dari yang sudah bisa. Banyak juga yang tidak tahan dengan perubahan atau merasa diri bodoh akhirnya malas belajar hal baru. Sayang banget kan!

Ikhlas merelakan

Sedih karena baru putus atau ditinggal pergi orang terkasih pasti butuh waktu untuk memulihkan mood menjadi ceria. Seringkali orang lebih memilih untuk menyalahkan keadaan atau menyalahkan orang lain atas peristiwa yang dialami. Padahal solusi ampuhnya biasanya tidak perlu jauh-jauh mencari. Cukup ikhlas merelakan maka hatimu pun akan menjadi lebih lega dan kembali baik seperti biasa.

Mengalah

Mengalah pada orang yang lebih muda atau orang yang lebih tidak mampu lebih mudah daripada mengalah pada orang yang keras kepala dan sombong. Setiap orang mungkin akan mengalami setidaknya satu kondisi di mana kamu harus mengalah padahal kamu rasa itu tidak adil atau tidak perlu. Perasaan menerima kekalahan itu biasanya bikin hati jadi panas dan akan menyisakan sedikit rasa tidak terima, tapi mau tidak mau tidak mau harus dijalani.

Menyemangati diri sendiri

Siapa bilang menyemangati diri sendiri itu mudah? Buktinya, ketika sedang dirudung masalah, walaupun ada banyak yang menghibur belum tentu kamu bisa langsung ceria. Penentunya tetaplah dirimu sendiri, apakah ingin move on atau tercebur lama di lubang masa lalu yang sedih. Ketika sudah kembali ceria lagi pun terkadang ada momen tertentu yang membuat kamu teringat masa lalu, dan alhasil, jadi baper deh.

Bagaimana RulaWoman? Walaupun tidak mudah bukan berarti tidak bisa. Yuk sama-sama berusaha RulaWoman untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kalau diri sendiri sudah baik, orang lain juga bisa merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata Ada yang Lebih Berat dari Kangen! Berikut 7 Hal yang Sulit Dilakukan Kepada Diri Sendiri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Jane Melissa | @janemelissa

Interested with food, traveling, design, comedy-romance, and my "Y"

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar