323
Dari salah satu kelas Girls in Tech Festival 2017, menulis di platform digital ternyata nggak sekadar menulis saja, tapi ada tips dan triknya kalau kamu mau tulisanmu dilirik oleh banyak pembaca. Yuk disimak kiat-kiatnya, RulaWoman.

Di zaman digital sekarang ini, menulis di media online adalah suatu hal yang sangat diminati banyak orang ketimbang menulis di media offline seperti majalah dan surat kabar. Karena media online lebih mudah diakses dari gadget-mu ketimbang media offline yang sedikit ribet untuk mendapatkannya. Walaupun selera dan kepuasan para pembaca memang sangat relatif mengenai media online dan offline.

Keuntungan menulis di platform online itu sangat banyak sekali, selain tulisanmu bisa langsung dinikmati dan diapresiasi oleh pembaca online, tulisanmu pun tetap bisa dikirim ke penerbit konvensional. Dengan begitu kamu bisa langsung tahu respon pembaca dan akan mendapat masukan yang bisa mempengaruhi ke hasil tulisanmu tersebut.

Gimana sih supaya tulisanmu di platform online bisa mendapat apresiasi hangat dari pembaca dan bisa menarik banyak viewers? Ini dia tips dan triknya :

1. Dibutuhkan interaksi dua arah antara penulis dan pembaca

Photo Credit : Veja.abril.com

Tidak hanya sekadar menulis lalu dibiarkan begitu saja. Sangat mustahil ada yang mengetahui tulisanmu kalo kamu nggak membagikan dan mempromosikan tulisanmu ke pihak lain. Untuk itu, sangat penting bagi kamu agar melakukan interaksi terhadap pembaca dan sesama penulis lainnya yang juga menulis minimal di platform yang sama. Jika kamu peduli dengan hasil karya orang lain, bukan tidak mungkin orang tersebut akan dengan senang hati mampir dan membaca hasil karyamu juga. Jadi, jangan sepelekan hal ini ya, RulaWoman.


2. Sebaiknya lakukan sistem belajar dan tumbuh bersama

Photo Credit : Shutterstock.com

Bagaimana tulisanmu akan dikenal dan terkenal jika tidak ada yang membaca dan membagikannya kembali kepada yang lainnya? Giat berpromosi tapi menutup diri itu akan menjadi hal yang membuang waktu percuma. Jangan berharap lebih tulisanmu akan dibaca jika kamu nggak rajin membaca tulisan orang. Itu sudah menjadi hukum alam di dunia digital online. Ramahlah dan jangan pelit waktu untuk membaca tulisan orang jika kamu ingin tulisanmu mendapat antusias yang baik dari para pembaca dan penulis lainnya. Saling berkomentar dan mengirim kritik dan saran serta bertukar pengalaman dalam suatu komunitas itu yang akan menentukan seberapa besar peluang tulisanmu akan diterima oleh minimal anggota komunitas di platform tempat kamu menulis tersebut.


3. Rajin promosi di sosial media

Photo Credit : Forbes.com

Ini yang terpenting, mempromosikan hasil karyamu ke sosial media. Akan sangat baik jika kamu memiliki banyak pengikut di seluruh sosial media yang kamu punya. Dan yang paling penting lagi nih, berpromosilah dengan cara yang menarik dan inovatif. Karena hal tersebut akan memudahkanmu untuk menarik perhatian viewers.

BACA JUGA


Pengin Tampil Stylist dengan Cara Praktis? Ini Solusinya, RulaWoman!

Pengin Tampil Stylist dengan Cara Praktis? Ini Solusinya, RulaWoman!

Zaman sudah serba praktis, ngapain masih ribet mikirin soal personal stylist. Buat kamu yang masih suka menggalau soal fesyen, sekarang ...

Read more..

Itu tadi tips dan trik sederhana jika kamu ingin menulis di platform digital. Perlu kamu ketahui juga, RulaWoman, bahwa ketika kamu sudah mempunyai pembaca setia di satu platform online, mereka akan tetap mengikutimu ke mana pun kamu menulis walaupun kamu ada di platform online yang lainnya. Begitu yang dikutip dari kelas 'Writing a Novel For Digital Platform' yang dibawakan oleh Octa Nurhasanah seorang penulis dari Storial.co.

Sedikit bocoran nih, RulaWoman. Buat kamu yang hobi menulis novel, kamu bisa mencoba untuk menulis di platform Storial.co. Kenapa di Storial? Karena Storial sudah sangat terkenal dengan komunitas penulis dan pembacanya yang lebih hangat dan bersahabat. Selain itu ada buku pilihan setiap minggunya. Dan yang lebih penting lagi, aplikasinya sangat ringan untuk dibuka di ponsel, banyak acara, kuis, giveaway hingga kompetisi. Bahkan, banyak buku yang tampil di Storial sering dilirik oleh penerbit besar loh, RulaWoman.

Sudah mulai tertarik untuk menulis lebih tekun di platform digital? Semoga bermanfaat ya, RulaWoman.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips dan Trik Menulis Cerdas di Platform Digital. Kamu Wajib Tahu, RulaWoman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Mel Ara | @melara

Bagaimana menurutmu?

Silahkan login untuk memberi komentar