Segala Hal Tentang Investasi Properti yang Wajib Diketahui!

Segala Hal Tentang Investasi Properti yang Wajib Diketahui!
Sumber: realestate-here.com

Investasi merupakan hal yang sudah tak asing di telinga, terlebih di era modern seperti saat ini. Jenis investasi pun beragam, mulai dari investasi deposito, investasi emas hingga investasi properti. Investasi properti menjadi salah satu instrumen investasi yang cukup banyak dilakukan, pasalnya pembangunan properti sedang gencar dilaksanakan.

Bagi Anda pemilik modal besar yang tertarik untuk menggandakan dana melalui investasi jenis ini, berikut beberapa hal tentang investasi properti yang wajib diketahui.

 

Apa Pengertian Investasi Properti?

Investasi merupakan suatu kegiatan penempatan dana pada satu atau beberapa jenis aset selama kurun waktu tertentu, dengan tujuan mendapatkan penghasilan serta peningkatan dari nilai investasi yang ditanamkan. Sedangkan investasi properti sendiri kerap dikaitkan dengan investasi berupa tanah maupun bangunan.

Aset properti dapat dikategorikan sebagai aset investasi apabila pemiliknya berniat untuk menjual aset tersebut di kemudian hari. Namun apabila pemilik berniat untuk menggunakan properti sebagai tempat tinggal pribadi, maka aset tersebut akan menjadi aset konsumtif meskipun nilainya tetap mengalami kenaikan atau apresiasi.

 

Apa Pertimbangan Sebelum Melakukan Investasi Properti?

Terdapat beberapa pertimbangan penting yang harus dilakukan sebelum melakukan investasi properti, diantaranya:

  • Ada baiknya membeli properti yang masih dalam tahap proses atau tahap penawaran, sehingga investor akan memberikan harga lebih rendah jika dibandingkan dengan properti yang telah selesai dibangun.
  • Membeli properti yang dibangun di lokasi strategis, sehingga nantinya dapat memberikan keuntungan lebih besar.
  • Menggali informasi terkait dengan hal-hal yang dapat memengaruhi investasi properti, seperti fasilitas sosial, infrastruktur, dan lain-lain.

 

Bagaimana Cara Investasi Properti?

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk berinvestasi properti.

  • Flip Properti

Flip properti adalah bisnis yang dilakukan untuk dapat memiliki sebuah properti, merenovasinya, lalu menjual kembali properti tersebut dalam jangka waktu cukup singkat namun masih mendatangkan keuntungan.

  • Investasi Properti Sewa

Cara investasi properti selanjutnya adalah dengan membeli properti kemudian disewakan. Cara investasi yang satu ini terbilang mudah, karena Anda berkesempatan menghasilkan keuntungan secara berkala tanpa perlu mengeluarkan banyak tenaga maupun waktu.

  • Investasi Properti Online

Di era digital serba canggih seperti saat ini, investasi properti online bisa dilakukan hanya dengan menanamkan modal melalui platform online.

 

Apa Manfaat Investasi Properti?

Investasi properti mendatangkan sejumlah manfaat, diantaranya:

  • Nilai Keuntungan Meningkat

Dengan berinvestasi properti, Anda akan mendapatkan kentungan yang cenderung meningkat dari waktu ke waktu meskipun tidak didapatkan dalam jangka waktu singkat. Meskipun begitu, hal ini tentu sangat menguntungkan Anda di masa mendatang.

  • Risiko Rendah

Jika dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, investasi properti lebih rendah risiko karena pergerakan nilai properti terbilang tidak sensitif dan kencang.

  • Terlihat Secara Fisik

Investasi properti banyak dilirik karena menawarkan investasi yang terlihat. Pasalnya tak sedikit orang yang tidak menyukai dan tidak percaya akan investasi tak terlihat.

 

Membeli Unit Apartemen untuk Investasi Properti

Meskipun keberadaan apartemen tak asing di kalangan masyarakat, namun masih banyak yang belum mengetahui fungsi lain dari apartemen. Secara umum apartemen digunakan sebagai hunian mewah dan nyaman. Namun rupanya tak hanya itu, apartemen juga dapat dijadikan investasi properti menggiurkan yang patut dicoba.

Salah satu apartemen di kawasan Indonesia bagian timur yang akan menjadi ikon baru kota Makassar adalah 31 Sudirman Suites.

Apartemen mewah 31 lantai ini menawarkan suites yang tak hanya cocok dijadikan tempat tinggal, namun juga dapat dijadikan sebagai investasi properti. Pasalnya, apartemen eksklusif ini memiliki pangsa pasar yang spesifik dan persaingan yang sedikit. Untuk informasi dan pemesanan silahkan kunjungi 31sudirmansuites.com.

 

Bagaimana, sudah mengetahui apa itu investasi properti? Semoga informasi diatas bermanfaat!