Tak Memiliki SLF, Bangunan Gedung Anda Bisa Dibongkar

Tak Memiliki SLF, Bangunan Gedung Anda Bisa Dibongkar

Sudah semestinya bangunan gedung yang Anda miliki atau yang Anda kembangkan  memiliki kelengkapan sertifikat. Ya, ada beberapa sertifikat yang mamang wajib sekali dimiliki oleh sebuah bangunan gedung, salah satunya adalah Sertifikat Layak Fungsi atau SLF. Penerbitan SLF dari bangunan gedung merupakan bukti legal bangunan gedung tersebut agar tetap bisa beroperasi. Pastinya, jika Anda memiliki atau mengembangkan bangunan gedung secara legal, akan membuat hati Anda lebih nyaman dan tanpa dibayangi rasa takut.

Ada beberapa dampak negatif atau merugikan yang dapat menghampiri Anda jika bangunan gedung milik Anda tak memiliki kelengkapan sertifikat. Salah satu dampak terburuk yang bisa saja Anda alami adalah bangunan gedung milik Anda bisa dibongkar secara paksa oleh Pemerintah. Pembongkaran paksa ini jelas sudah menjadi konsekuensi untuk bangunan gedung tanpa kelengkapan sertifikat. Hal ini juga berdasarkan pada aturan hukum yang berlaku.

Pembongkaran Bangunan Gedung Berdasarkan Peraturan

Dasar dari pembongkaran bangunan gedung tanpa kelengkapan sertifikat sudah diatur dalam Perda Nomor 10 Tahun 2014, dalam BAB XII Pasal 101 mengenai Bangunan Gedung. Pada Perda tersebut menyebutkan bahwa:

Pemilik dan/atau pengguna bangunan gedung yang melanggar ketentuan Peraturan Daerah ini akan dikenakan sanksi administrasi. Sanksi ini berupa:

  • Peringatan Tertulis
  • Pembatasan kegiatan pembangunan bangunan gedung
  • Penghentian sementara atau tetap (permanen) pada pekerjaan pelaksanaan pembangunan bangunan gedung
  • Penghentian sementara atau tetap (permanen) pada pemanfaatan bangunan gedung
  • Pembekuan IMB bangunan gedung
  • Pencabutan IMB bangunan gedung
  • Pembekuan SLF bangunan gedung
  • Pencabutan SLF bangunan gedung, dan
  • Perintah pembongkaran bangunan gedung
  • Pengenaan sanksi Administrasi sebagaimana yang telah dimaksudkan pada ayat 1, mengacu dan berpedoman pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Dari peraturan Perda tersebut sudah jelas bahwa bagi gedung yang tak memiliki sertifikat lengkap, salah satunya SLF, maka akan terkena beberapa sanksi. Sanksi-sanksi tersebut jelas tak main-main, bahkan bangunan gedung bisa saja dibongkar. Pasti Anda sudah sering melihat bangunan gedung, seperti minimarket, sekolah, rumah sakit, hotel dibongkar secara paksa. Pembongkaran tersebut bisanya dikarenakan bangunan gedung tak memiliki sertifikat yang lengkap. Jadi membuat segala sertifikat bagi gedung yang Anda miliki atau yang Anda kembangkan memang sangat perlu.

Dasar Hukum Penerbitan SLF

Berikut dasar hukum penerbitan SLF:

  • Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 mengenai Bangunan Gedung
  • Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 25 Tahun Tentang Pedoman Sertifikat Layak Fungsi Untuk Bangunan Gedung.

Itulah dua dasar hukum dalam penerbitan SLF di Indonesia. Jasa pengurusan SLF menjadi salah satu jasa yang dapat Anda gunakan untuk membuat SLF. Dengan bantuan jasa tersebut Anda akan mudah dalam membuat SLF untuk bangunan gedung yang Anda miliki atau Anda kembangkan.