Tips Mengolah Kentang dengan Benar agar Nutrisinya Tetap Didapatkan Oleh Tubuh

Tips Mengolah Kentang dengan Benar agar Nutrisinya Tetap Didapatkan Oleh Tubuh

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang paling terkenal dan paling banyak dikonsumsi, salah satunya yaitu french fries atau kentang goreng. Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan sebagai ganti nasi, karena kentang ini mengandung beberapa kkal kandungan karbohidrat yang bermanfaat untuk tubuh Anda.

Nutrisi yang berada dalam kentang ini sangat baik bagi tubuh, nutrisi-nutrisi tersebut diantaranya yaitu karbohidrat, serat, protein, antioksidan, kalium, folat, vitamin B6, dan vitamin C. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan dalam mengolah kentang agar menjadi olahan makanan yang sehat.

Tips Mengolah Kentang dengan Benar 

1. Merebus Kentang dengan Kulitnya

Kebiasaan merebus kentang tanpa kulit dapat menurunkan kandungan nutrisi yang terdapat pada kentang seperti vitamin C dan vitamin B akan menghilang pada proses perebusan. Selain itu, menggunakan waktu yang minimal ketika memasak  dapat berperan dalam nutrisi pada kentang yang hendak dikonsumsi.

Sabaiknya, Anda tidak memasak kentang dengan suhu air tinggi dengan waktu yang lama dan merebus kentang dengan kulit dapat menghemat nutrisi yang kemungkinan hilang dalam air rebusan. Ada baiknya juga jika merebus kentang untuk berhenti memasak kentang dengan tekstur yang lembek.

2. Keripik Kentang 

Ketika membuat keripik kentang dengan menggunakan oven sendiri, sebaiknya panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu lebih dari 200o C dan memasak kentang pada air yang telah mendidih selama 5 menit. Kemudian tiriskan, keringkan, dan potong kentangnya menjadi keripik kentang.

Setelah itu, hal yang harus Anda lakukan yaitu menggosok nampan menggunakan antilengket dengan sedikit minyak. Mengaduk keripik dalam telur kocok putih 1 butir telur, kemudian membuang adonan yang berlebih dan mengatur keripik di atas nampan dan  panggang selama 35 menit.

3. Memanggang Kentang dengan Kulitnya

Mengolah kentang dengan memanggang beserta kulitnya merupakan salah satu cara paling sehat dalam memasak kentang. Ketika kntang dalam keadaan utuh dan kentang panggang dengan kulit merupakan salah satu bentuk paling murni, hal ini terjadi karena pada proses ini daging kentang mengandung  serat dan kalium ekstra. 

Kemudian mengoleskan minyak zaitun dan memberikan bumbu garam dan merica. Membungkus kentang yang telah dibumbui di dalam alumunium foil sebelum memanggang guna mempertahankan semua nutrisi yang terkandung dalam kentang.

4. Mashed Potatoes

Membuat hidangan dari kentang yang ditumbuk dalam menjaga nutrisi, kemudian kentang yang telah ditumbuk dicampur dengan susu krim dan yogurt rendah lemak. Proses ini masih dapat memberi kentang tekstur yang lembut dan pasti Anda menyukainya.

Jika Anda ingin membuat kentang tumbuk yang sehat lagi, Anda bisa merebus kentangnya terlebih dahulu bersama dengan enam siung bawang putih. Kemudian meniriskan dan haluskan kentang beserta bawang putih tersebut dan mencampurnya berdasarkan resep yang telah ada.

5. Salad Kentang

Kentang juga dapat dijadikan salad kentang untuk menjaga nutrisi yang dimiliki kentang, Anda juga bisa mengganti mayonnaise yang banyak mengandung kalori dengan plain yogurt. Plain yogurt ini mengandung rendah lemak biasanya disebut dengan greek yogurt dalam membuat salad kentang yang lebih menyehatkan.

Ketika hendak membuat salad kentang, potong kentang menjadi potongan-potongan kecil kemudian campurkan dengan yogurt tawar, tambahkan bawang putih, seledri, paprika merah, dan acar dill cincang, kemudian taburi dengan garam dan merica dan aduk hingga merata.

Demikian merupakan penjelasan mengenai beberapa tips mengolah kentang dengan benar  agar nutrisinya tetap didapatkan oleh tubuh. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan Anda dan semoga bermanfaat.